alexametrics

Selokan Sepanjang Jalan Barito Penuh Sampah dan Lumpur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sampah dan lumpur di selokan sepanjang Jalan Barito RW 2 RW 1 Kelurahan Bugangan semakin memprihatinkan. Bahkan sudah menutup total selokan. Tinggi airnya hanya setinggi betis kaki. Setelah dikeruk, tinggi selokan mencapai dada orang dewasa, Kamis (10/3).

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang berusaha melakukan pembersihan selokan menggali lumpur dan sampah. Bahkan petugas semoat kesulitan mengeruk sampah dan lumpur.

Ada sebagian titik got yang atasnya tertutup karena sudah disemen permanen. Terutama di depan di dua rumah. Air macet total dan tidak bisa dibersihkan dengan sekadar disogok (disodok) menggunakan bambu atau besi panjang dari got yang atasnya terbuka.

Selain itu, di atas got yang tertutup, terdapat asbes milik warga. Sehingga perlu dipindahkan dulu. Warga memindahkan asbes yang menutupi atas got. Kemudian, atas got dijebol dengan mesin bor untuk dilubangi.

Baca juga:  Anggar Jateng Gagal Sapu Bersih

Selanjutnya, petugas menggali lumpur melalui titik yang sudah dilubangi tersebut. Ada empat petugas yang membersihkan sampah dan lumbur. Yaitu, Mbah Ritam, Lek Di, Pak Sutris, dan Pak Yono. Adapun satu lainnya adalah driver truk sampah dan lumpur, Ahmad Andri.

Andri mengatakan, proses pembersihan berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis mulai pukul 08.00 hingga 15.00. “Kalau yang atasnya sudah terbuka, kami tinggal menggali sampah dan lumpurnya. Tapi, beberapa titik sudah tertutup dengan semen, mau tidak mau kami jebol,” jelasnya.

Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Bugangan dan Ketua RT 8 RW 1 Sunaryo menuturkan, air sempat macet total karena sampah dan lumpur. Jika terjadi hujan, air meluber ke jalan sampai cukup parah. “Ini sudah lima atau tujuh tahun tidak ada pembersihan, sehingga sampahnya menumpuk,” ujarnya.

Baca juga:  Banyak yang Pakai Nama Tahu Gimbal Pak Edi di Semarang, Begini Sejarahnya

Pihak kelurahan dan kecamatan ikut memantau proses pembersihan selokan ini. Hadir Kasi Pembangunan Kecamatan Semarang Timur, Lurah Bugangan, Kasi Pembangunan dan Pemerintahan (PP) Kelurahan Bugangan, serta seluruh ketua RT dan RW sewilayah RW 1 Bugangan. (cr1/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya