alexametrics

Kurangi Kemacetan, Pemkot Semarang Buat Jalan Tembus Jangli-Undip

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang tahun ini menganggarkan pembangunan jalan tembus Jangli-Undip. Pembangunan jalan ini untuk mengurangi traffic kendaraan di jalan utama yang cenderung padat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Sih Rianung menjelaskan, pembangunan jalan tersebut untuk mengurangi traffic kendaraan di Gombel dan Meteseh. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 29 miliar dari APBD Pemkot Semarang.

Rianung menjelaskan, besaran anggaran ini hanya untuk membuka lahan, mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Masih membutuhkan anggaran yang cukup besar. Penyempurnaan jalan tembus ini dilanjutkan tahun 2023 mendatang. “Kami upayakan jalan tembus dulu. Nanti penyempurnaannya dilakukan tahun berikutnya,” jelasnya.

Rianung juga memastikan tidak ada pembebasan lahan yang dilakukan Pemkot Semarang. Ini merupakan lahan dari pengembang perumahan yang diserahkan ke Pemkot Semarang untuk fasilitas umum. “Lahan ini dijadikan sebagai trase akses publik,” bebernya.

Baca juga:  Pemkot Semarang Siapkan Sanksi untuk ASN yang Nekat Mudik

DPU juga telah melakukan koordinasi dengan pihak pengembang maupun pihak kampus Undip. Menurutnya sudah ada kesepakatan untuk membangun jalan tembus ini. “Sudah ada kesepakatan termasuk dengan pemilik sebelumnya, Pemkot dan Undip,” pungkas dia. (den/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya