alexametrics

Pemkot Semarang Lelang Sebelas Jabatan Kosong, Ini Daftarnya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Proses lelang jabatan 11 instansi yang kosong di lingkup Pemkot Semarang mulai dilakukan. Progresnya saat ini telah masuk tahapan assessment atau tes psikologi dengan menggandeng perguruan tinggi.

Sebelumnya, pengumuman dan pendaftaran telah dilakukan pertengahan hingga akhir Februari lalu. Seleksi administrasi juga telah dilalui para peserta. Dari 45 peserta, seorang peserta tidak lolos seleksi administrasi lantaran tidak melaporkan harta kekayaan dalam laporan harta kekayaan penyelenggaraan negara (LHKPN).

“Untuk seleksi sudah dilakukan, dan saat ini masih jalan. Peserta ada yang dari lingkup Pemkot Semarang, dan ada yang dari luar. Seleksi administrasi misalnya, golongan jabatan pelamar harus 4A semua memenuhi syarat,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang Abdul Haris kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (7/3).

Baca juga:  Di Dusun Langensari Mijen Ada Durian Dondong Berusia 180 tahun dan Durian Roti 130 tahun

Adapun 11 jabatan yang dilelang adalah Sekretaris Dewan, kepala Dinas Penataan Ruang, kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan kepala Dinas Sosial.

Selain itu, Staf Ahli Wali Kota bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Staf Ahli Wali Kota bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

“Nanti setelah tes assessment ini bisa jadi ada yang rontok atau gugur. Intinya pemkot mencari yang terbaik dari yang terbaik,” tuturnya.

Peserta yang berhasil lolos tes assessment akan dilanjutkan dengan uji gagasan tertulis atau penulisan makalah. Para peserta, kata dia, akan dilihat kemampuannya untuk membuat makalah dengan berbagai kegiatan inovatif untuk mencapai visi misi Pemerintah Kota Semarang.

Baca juga:  Ramadan, Makam Gunungpring Sepi Peziarah

Menurut informasi yang dihimpun, sejumlah nama ikut dalam seleksi lelang jabatan yang dilakukan Pemkot Semarang. Di antaranya, Plt Kepala Distaru M Irwansyah, dan Kabid PPUD Satpol PP Kota Semarang Marten da Costa.

Disingung masalah target, Haris menjelaskan jika perkiraan seleksi akan rampung pada April mendatang, dan peserta yang lolos bisa mengisi jabatan kosong yang telah dilelangkan.

“Lalu juga ada uji gagasan lisan dengan memaparkan makalah yang telah dibuat. Apakah peserta ini bisa tahu persis apa yang diinginkan Pemkot Semarang?” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda)  Kota Semarang Iswar Aminuddin meminta agar nantinya peserta yang lolos dan duduk di jabatan yang kosong bisa berkomunikasi secara baik dengan seluruh pihak.

Baca juga:  Sopir Ngantuk Tabrak Truk Parkir, Innova Ringsek

“Juga mampu mengimplementasikan konsep bergerak bersama yang dicanangkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Apalagi saat ini sedang pandemi, jadi harus ada komunikasi yang baik. Intinya tidak ada lagi dinas basah atau dinas kering,” tegasnya.

Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), lanjut dia, diharapkan bisa mengelola instansisnya dan melakukan inovasi agar kinerja mereka bisa terlihat dan dirasakan masyarakat. “Seleksi ini  dilakukan secara terbuka. Baik pendaftar dari lingkungan Pemkot Semarang maupun luar kota menjalani tahapan dan kesempatan yang sama,”katanya. (den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya