alexametrics

Walking Tour Susuri Jalur Industri Kota Lama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Para pemandu wisata asal Kota Semarang yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Semarang bersuka cita mengikuti acara Walking Tour menyusuri Kota Lama, Kamis (24/2) kemarin. Apalagi ketika mengunjungi pabrik rokok bersejarah, yakni Pabrik Praoe Lajar.

“Kami mendapatkan banyak ilmu dari tempat wisata bersejarah yang tidak biasa ini,” kata Titi Surya salah satu peserta Walking Tour.

Baginya Walking Tour menyusuri Kota Lama ini menambah wawasan para pramusiwata. Ternyata destinasi wisata Kota Lama ini menyimpan ragam sejarah yang memikat, tak hanya bangunannya yang tua.

Pabrik Rokok Praoe Lajar sendiri berdiri sejak 10 Mei 1945. Dan hingga kini masih aktif melakukan produksi. Menariknya, masih mempertahankan cara tradisional dalam mengolah dan melinting rokok. “Sayangnya, aset wisata bernilai sejarah ini tidak mudah dikunjungi oleh sembarang wisatawan. Sebab harus ada izin dari pihak pengelola,” tuturnya.

Baca juga:  Simpang Lima dan Kota Lama Semarang Ditutup saat Malam Tahun Baru

Wakil Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Cabang Semarang Mardiono mengakui, tidak semua pemandu wisata di Kota Semarang paham akan potensi wisata di daerahnya. Karena itulah, HPI Cabang Semarang bekerja sama dengan Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang menggelar walking tour bersama para pemandu wisata. “Kami ajak mereka dengan mengunjungi tempat industri bersejarah di Kota Lama Semarang,” tandasnya. (fgr/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya