alexametrics

KNKT Pastikan Armada Trans Semarang Layak Jalan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memastikan armada Trans Semarang layak jalan. Artinya, memenuhi standar keamanan penumpang serta pengguna ketika operasional.

Hal terungkap saat Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan mendatangi kantor BLU UPTD Trans Semarang. Dalam kesempatan tersebut, Wildan melakukan sharing bersama Kepala BLU Hendrix Setiawan. Salah satu yang dibahas, terkait masukan teknis berupa penataan kabel, bahan bakar gas (BBG), usia kendaraan dan lain-lain, termasuk usia pakai kendaraan.

“Tadi Pak Wildan menyampaikan kepada kami agar selalu melakukan pengecekan rutin kepada armada. Itu sudah kami lakukan karena menjadi SOP wajib sebelum armada beroperasional,” kata Hendrix Setiawan, Rabu (16/2).

Hendrix menjelaskan, saran dari Senior Investigator KNKT ini akan ditindaklanjuti dengan pelatihan kepada driver serta kepada operator Trans Semarang untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam berkendara. “Harapan kami, tentu ke depannya membuat layanan kami lebih baik lagi,” tuturnya.

Baca juga:  Amankan Pergantian Tahun, Polda Jateng Siapkan 30 CCTV dan Sniper

Masukan dari Wildan, lanjut Hendrix, akan langsung ditindaklanjuti. Di antaranya. hal-hal yang bersifat teknis, misalnya penataan kabel, tabung BBG, konektor dan usia kendaraan agar sesuai dengan standar dan keamanan ketika beroperasional. “Kita diminta memantau BBG, termasuk kualitas gas serta instalasinya untuk dilakukan pengecekan rutin,” tambahnya.

Sementara itu, dari usia kendaraan, lanjut Hendrix, sesuai Perwal semua armada Trans Semarang masih berusia di bawah 10 tahun. Sementara aturan yang ada, masa pakai kendaraan sekitar 15 tahun. “Kita sudah cek, armada kami masih di bawah 10 tahun. Artinya masih sesuai aturan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BLU UPTD Trans Semarang Ichwan Susanto menambahkan, jika hasil sharing dengan KNKT, usia kendaraan memang tidak ada masalah karena di bawah 10 tahun.

Baca juga:  Tahun Tikus Logam Tahun Bagus

“Kata beliau khusus usia chasis sampai 30 tahun. Artinya jika memang sudah 15 tahun bisa dilakukan peremajaan bodi dan mesin untuk efisiensi anggaran,” pungkasnya. (den/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya