alexametrics

Pedagang Keluhkan Atap Pasar Johar Bocor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Hujan deras yang terjadi akhir-akhir ini menyebabkan atap Pasar Johar mengalami kebocoran. Kebocoran ditemukan di sejumlah titik, terutama di lubang angin berbentuk payung.

Kondisinya dikeluhkan para pedagang. Pasalnya, air hujan membasahi dagangan mereka. Terutama di los pakaian di Johar Tengah. Selain tempias dari lubang angin, diduga air hujan masuk lewat atap dan tembok yang retak.

Pantauan Jawa Pos Radar Semarang (15/2/2022), tampak sejumlah pedagang memasang MMT di atas kios mereka yang bocor. Hal ini untuk menghindari dagangan basah oleh air hujan. Selain itu, sejumlah pedagang juga mengeringkan genangan air di lantai pasar dengan lap pel.

Purwanti, pedagang di Pasar Johar Tengah mengaku, hampir setiap hujan deras, air tampias masuk ke dalam pasar. Karena itu, ia pun harus menyelamatkan barang dagangannya dari air hujan. “Kalau hujan deras, pasti bocor. Dagangan kami tutupi dengan MMT,” katanya.

Baca juga:  Asap Pembakaran Sisa Pakan Ternak Bikin Resah

Kebocoran atap juga menggenangi lantai pasar. Sehingga setiap saat harus dipel agar tidak licin. Beberapa pedagang juga meletakkan ember untuk menampung tetesan air hujan yang belum berhenti.

Pedagang pakaian Imah menuturkan, pihaknya sudah melaporkan kebocoran tersebut kepada dinas terkait. Namun sampai kemarin belum ada tindak lanjut perbaikan. Pihaknya juga tidak paham apakah akan ditangani dari dinas atau dari pihak penanggung jawab pembangunan.

Ya, sejauh ini kami sudah lapor ke dinas. Dinas juga sudah tahu karena beberapa kali sempat ke sini. Namun memang belum ada perbaikan sampai sekarang,” ujarnya.

Diakui, atap bocor sudah terjadi sejak awal pasar diresmikan Presiden Joko Widodo. Namun kebocoran pada Senin (14/2) sore dinilai yang paling parah. Sebab, beberapa lapak pedagang sampai terkena air hujan. Bahkan, ada pedagang yang harus menitipkan dagangannya ke pedagang lain, karena lapaknya trocoh sangat parah.

Baca juga:  40 Perosok Keliling Semarang Naik Kelas

Selain itu, pada Senin sore, ada kebocoran seperti air mancur. Menyebabkan air melebar ke sekeliling lapak pedagang sampai kira-kira dua blok pedagang.

Imah berharap supaya permasalahan kebocoran ini bisa segera diperbaiki dan dituntaskan. Sehingga pedagang dan pembeli dapat melakukan transaksi jual beli dengan nyaman.

Ketua Paguyuban Pedagang dan Jasa Pasar (PPJP) Rayon Pasar Johar Surahman mengaku belum mengetahui adanya kebocoran atap Pasar Johar Tengah. “Belum tahu, tapi kalau gedung bocor itu urusan dinas, saya gak mau tahu. Bocornya gimana juga saya nggak tahu,”katanya saat ditemui di Kantor Dinas Perdagangan Kota Semarang, Selasa (15/2).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Nurkholis menjelaskan, jika permasalahan bangunan yang dikeluhkan pedagang, akan dilihat atau diselidiki terlebih dahulu, apakah masalah pemeliharaan ataupun lainnya.

Baca juga:  Bangkitkan Sektor Ekonomi, Pemkot Semarang Gelar Diskon Sebulan Penuh

“Jika dilihat kasus per kasus, apakah masih pemeliharaan kontraktor lama atau baru. Tapi, kita telah membuat management building untuk pemeliharaan cagar budayanya,” tuturnya.

Management building ini, lanjut dia, dilakukan karena bangunan cagar budaya memiliki karakteristik khusus, tidak seperti bangunan pada umumnya. “Tapi kalau kebocoran ini masuk dalam ranah pemeliharaan, bisa kita gunakan rekanan yang lama,” katanya. (cr1/den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya