alexametrics

Peserta Lintas Negara Bersaing Ketat di Turnamen Catur Online

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 1.551 peserta dari berbagai negara berpartisipasi dalam catur Dinus Chess International Online Tournament yang dibuka Minggu (13/2) kemarin. Dalam ajang ini, Grand Master (GM) Susanto Megaranto unjuk kemampuan bermain caturnya melawan 20 pecatur secara stimultan.

Rektor Udinus Edi Noersasongko menuturkan, kompetisi catur internasional ini merupakan rangkaian Dinus Fest 2022. Karena itu, Udinus memberikan hadiah langsung senilai Rp 2 juta bagi yang bisa menang, dan Rp 1 juta untuk hasil remis. “Nantinya akan ada 30 jenis perlombaan yang diselenggarakan oleh 60 organisasi di Udinus,” katanya Minggu (13/2).

Menurut Edi, Dinus Chess International Online Tournament menjadi acara paling istimewa dalam Dinus Fest 2022. Pelaksanaan Dinus Chess International Online Tournamen menggunakan sistem perlombaan internasional yaitu Swiss Manager dan tercatat menjadi ajang kompetisi catur internasional dengan jumlah peserta terbanyak.

Baca juga:  Hampir Pasti, Petahana Lawan Kotak Kosong

“Jadi ribuan peserta akan bermain sebanyak 13 kali, yang menang akan bertemu pemenang lainnya, sementara yang remis bertemu remis, juara akan dinilai dari skor tertinggi,” ucap Edi.

Sementara itu, atlet Catur Udinus, WNM Evi Juli Ana menyampaikan, pertandingan sengitnya melawan GM merupakan pengalaman kali pertama. Menurutnya, GM memiliki pergerakan bidak catur yang sangat teliti, namun ia berhasil memberikan perlawanan dengan hasil remis alias seri.

Waketum 2 KONI Jateng Dr Jatmiko S.Pd M.Pd sangat mengapresiasi, menghargai dan memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya turnamen internasional tersebut. KONI Jateng berharap kegiatan berkelanjutan seperti Dinus Fest ini bisa ikut menyumbangkan prestasi-prestasi di kancah internasional.

“Harapan kami atlet catur Udinus maupun Jateng dapat memberikan prestasi yang lebih baik lagi di ajang PON selanjutnya. Dukungan dari Udinus ini semoga dapat mendongkrak prestasi catur di Jateng,” harapnya. (den/ida)

Baca juga:  Enam Mahasiswa UDINUS Raih Juara Nasional

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya