alexametrics

Sepi Penumpang, Weekend Okupansi KA 40 Persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kelonggaran kapasitas 80 persen penumpang kereta api, tidak memengaruhi kenaikan okupansi. Stasiun Tawang Semarang misalnya, jumlah penumpang masih tergolong sepi. Tingkat okupansi di angka 40 persen.

Humas KAI Stasiun Tawang Krisbiantoro mengakui penumpang terbanyak pada akhir pekan. Pihaknya mencatat okupansi penumpang hanya sekitar 40 persen. Masih setengah dari jumlah kouta yang dibatasi pemerintah.

“Itu seat terisi 40 persen cuma kalau weekend saja, gimana kalua hari biasa, lebih sepi,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Sama seperti yang sudah berlaku sebelumnya, penumpang diwajibkan menunjukan hasil negatif tes rapid antigen pada hari yang sama dengan tiket keberangkatan. Pihaknya pun telah menyediakan jasa rapid tes dengan harga terjangkau di stasiun.

Baca juga:  Hanya Tersisa Empat Pembuat Serabi di Kampung Serabi Semarang

Meski demikian, ia melihat tren positif dari jumlah penumpang ketimbang saat operasional kereta dibatasi sangat ketat. Saat ini baik kereta lokal aglomerasi maupun jarak jauh sudah kembali beroperasi seperti biasa.

“Sehari sekitar 60 kereta pulang pergi di sini,” imbuhnya.

Merespon adanya lonjakan kasus Covid-19, pihaknya belum menerima himbauan apapun dari pemerintah. Diperkirakan hal itu lantaran kondisi stasiun terbilang sepi dan prokes berjalan sebagaimana mestinya.

Saat koran ini tiba, puluhan penumpang tengah menunggu hasil rapid test di deretan kursi tunggu penumpang Stasiun Tawang. Mereka hanya perlu menunggu 15-20 menit untuk menunggu hasil.

Koran ini menemui Ummul Faradhillah salah seorang penumpang yang bertujuan ke Stasiun Bandung. Ia memilih melakukan rapid di siang hari meski keberangkatannya masih pukul sembilan malam. Diakui ongkos rapid jauh lebih murah ketimbang rapid di klinik luar stasiun.

Baca juga:  Rokok Ilegal Rp 2,6 Miliar Disita

“Cari aman, rapid sekarang daripada nanti keburu buru atau ngantri panjang,” katanya. (taf/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya