alexametrics

Pajero Terguling, Lima Mobil Rusak Berat

Kecelakaan Karambol, Tiga Orang Dilarikan ke RS Tugurejo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kecelakaan beruntun terjadi di ruas Jalan Tol Manyaran KM 425.400 Kota Semarang Jumat (4/2) sekitar pukul 11.30. Diduga salah satu truk kurang jaga jarak, sehingga menabrak kendaraan di depannya. Kecelakaan karambol ini melibatkan Avanza, Grand Max, Pajero, truk disel, dan dua tronton.

Akibat kejadian ini, sejumlah mobil dan truk mengalami rusak parah dan ringsek. Bahkan ada mobil yang terjungkal masuk ke parit. Tiga orang mengalami luka dan langsung dilarikan ke RS Tugurejo Kota Semarang.

“Petugas kepolisian yang mendapat laporan langsung menuju lokasi untuk mengamankan dan mengatur lalulintas. Proses evakuasi sudah dilakukan dan lalu lintas sempat tersendat. Tapi kini sudah lancar,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy.

Enam kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah Truk Box Hino B-9467-PEU yang dikemudikan Mustari, warga Jalan Buniasih, Ciroyom Bojonggambir, Tasikmalaya. Truk Box Isuzu B-9193-FZV yang dikemudikan Rizky Hilmi Farimalam, warga Jalan Kampung Cikunir, Jati Kramat, Kota Bekasi.

Mobil Mitsubishi Pajero Sport warna Hitam H-8191-SY dikendarai oleh Lusiana Atmodjo, warga Jalan Amarilis Sungai, Karanganyar Gunung, Kota Semarang. Truk Colt Diesel K-1782-FK dikemudikan Abdul Asrikan, warga Jalan Tunggulpandean, Nalumsari, Kabupaten Jepara.

Mobil Toyota Toyota Avanza H-1156-KR dikemudikan Sujinarto, warga Jalan Puri Asri Perdana, Padangsari, Kota Semarang. Satunya Daihatsu Pick Up D-8032-YD dikemudikan Hartono, warga Jalan Sadarmanah, Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit mengatakan, kecelakaan bermula saat truk box Hino B-9467-PEU melaju dari arah Jatingaleh menuju Manyaran atau selatan ke utara. Ketika melintas di lokasi turunan, terlibat kecelakaan dengan truk Box Isuzu B-9193-FZV yang berhenti di depannya.

“Diduga pengemudi truk box Hino B-9467-PEU yang melaju dari arah selatan di lajur kanan kurang waspada pandangan depan. Sehingga terjadi kecelakaan dengan truk box Isuzu B-9193-FZV yang berhenti di depannya,” katanya.

Baca juga:  Pelatihan Kurangi Korban

Karena arus lalu lintas tersendat, kemudian truk box Isuzu B-9193-FZV oleng ke kiri dan menabrak Mitsubishi Pajero Sport warna hitam dan Colt Diesel K-1782-FK yang melaju searah di sampingnya di lajur kiri.

Namun akibat kerasnya benturan, mobil Pajero terguling masuk ke dalam parit di pinggir jalan tol. Sedangkan truk box Hino B-9467-PEU yang masih terus melaju ke depan menabrak Toyota Avanza H-1156-KR di depannya.

“Toyota Avanza terdorong ke depan menabrak Daihatsu Pick Up D-8032-YD,” jelasnya.

Akibat kejadian ini, tiga orang mengalami luka. Yakni pengemudi truk box Hino Mustari mengalami luka dan sesak di dada. Penumpang truk box Hino, Aopillah, laki-laki warga Jalan Kampung Cewut, Tamiang Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, mengalami luka sobek terbuka pada siku tangan kiri. Kemudian, penumpang Daihatsu Pick Up bernama Tono, warga Jalan Kalibokor Kencana, Pucang Sewu Gubeng, Kota Surabaya, mengalami luka pada telapak kaki kanan terbuka. Kini ketiganya dirawat di RS Tugurejo Kota Semarang.

“Tidak ada korban jiwa. Korban tiga orang hanya mengalami luka ringan. Sudah dibawa ke rumah sakit,” pungkasnya.

Sedangkan kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 100 juta lebih. Para pengemudi kendaraan yang terlibat kecelakaan telah diamankan kepolisian untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Rem Truk Fuso Blong, Hajar Lima Mobil dan Motor

SEMENTARA itu, tujuh kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di jalur tengkorak bagian selatan atau Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Banyumanik, Kamis (3/2) sekitar pukul 14.30. Diduga, kecelakaan terjadi akibat salah satu kendaraan yang terlibat, mengalami rem blong.

Baca juga:  Kapolda Jateng Jadi Khatib Salat Idul Adha di MAJT

Adalah truk Hino Fuso warna putih kombinasi merah nopol B-9767-UEU yang mengalami rem blong. Truk tersebut dikemudikan Sumino, warga Kelurahan Gentan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang.

Sedangkan enam kendaraan yang ditabrak adalah mobil Suzuki Baleno G-7904-MB dikemudikan oleh Ihsan, warga Kelurahan Kalongan, Kabupaten Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Toyota Avanza H-9358-GR B dikemudikan Sulaiman warga Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik.

Kemudian, Toyota Cayla H-8536-TL dikemudikan Muh Khamzan warga Kelurahan Jetis, Kabupaten Bandungan, Kabupaten Semarang. Mitsubishi Colt Diesel H-8875-GA dikemudikan Udrus Eriyawan warga Kelurahan Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

Selanjutnya, mobil BMW X5 B-2216-STA dikemudikan William Karnadi warga Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Satunya adalah pengendara motor Honda Revo H-3014-YZ dikendarai P Avi Kusmastanto, warga Kelurahan Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten.

Informasi yang diperoleh, kecelakaan bermula saat truk fuso melaju dari arah Ungaran menuju Banyumanik, atau selatan ke utara. Saat melintas di lokasi kejadian, persisnya di sekitaran depan GOR Patriot Makodam IV/Diponegoro menabrak pemotor Honda Revo dan Suzuki Baleno warna hitam metalik yang melaju searah di depannya.

“Kemungkinan rem blong. Ngakunya sopir (truk) itu sudah berusaha mengerem, tapi kondisi truk sudah dalam kondisi blong,” ungkap Satpam RSU Banyumanik 2 Marsono di lokasi kejadian kepada Jawa Pos Radar Semarang Kamis (3/2) kemarin.

Lokasi kejadian ini, tepatnya juga berada di seberang RSU Banyumanik 2. Sedangkan kontur lokasi jalan di tempat kejadian menurun. Hal itu menjadikan truk kesulitan berhenti. Bahkan, menurut pengakuan sopir truk Marsono, sudah mengalami rem blong saat melintas depan dari GOR Patriot. “Sopir sudah teriak-teriak mengingatkan kendaraan di depannya. Karena kecepatan truk yang tinggi, ditambah lokasi jalan menurun, akhirnya menabrak kendaraan di depannya,” bebernya.

Baca juga:  Gaet Wisatawan Asing, Asita Andalkan Desa Wisata

Menurut Marsono, truk fuso tersebut bermuatan roti yang diangkut dari sebuah perusahaan di Ungaran, Kabupaten Semarang. Truk yang masih melaju, kemudian menabrak dari belakang empat mobil lainnya. Benturan keras yang terjadi menyebabkan mobil Baleno terpental dan sampai terbalik. Truk baru berhenti setelah menghajar mobil Cayla hingga ringsek. Bodi mobil menyangkut dengan bodi kepala truk.

“Para pengendara mobil dan pengendara motor hanya mengalami luka ringan. Mungkin yang luka parah pengendara motor, setahu saya kena hantaman mobil Baleno juga,” katanya.

Berdasarkan data dari kepolisian, akibat kejadian ini dua orang mengalami luka ringan. Yakni, pengendara motor Honda Revo mengalami luka kepala. Pengemudi truk fuso mengalami luka akibat benturan di bagian dada hingga merasa sesak. Keduanya dilarikan ke RSU Banyumanik 2, guna mendapatkan perawatan.

Kini bodi truk fuso rusak dan bodi depan ringsek. Motor Honda Revo, rusak pada bodi ringsek. Mobil Suzuki Baleno, rusak pada bodi depan dan belakang ringsek. Toyota Avanza, rusak pada bodi depan dan belakang ringsek. Toyota Cayla, rusak pada bodi depan dan belakang ringsek. Mitsubishi Colt Diesel rusak pada bodi depan dan belakang penyok. Mobil BMW X5 rusak pada kaca belakang pecah dan bodi belakang penyok.

Selanjutnya, kendaraan yang terlibat kecelakaan dilakukan proses evakuasi. Kejadian ini, mengakibatkan kemacetan parah, terutama dari arah Kota Semarang ke Ungaran. Kemacetan terjadi mulai dari Patung Kuda Undip sampai RSU Banyumanik 2.

“Diduga, pengemudi truk yang melaju dari arah selatan ke utara tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya. Sehingga terjadi kecelakaan dengan sejumlah kendaraan yang berjalan searah di depannya,” kata Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit. (mha/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya