alexametrics

Dorong Bentuk Bank Mentor untuk UMKM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – International Council for Small Business (ICSB) Area Kota Semarang terus melakukan upaya untuk kemajuan UMKM. Salah satunya dengan mendorong Pemerintah Kota Semarang membentuk Bank Mentor bagi para pelaku UMKM.

Direktur International Council for Small Business Area Kota Semarang Nur Fuad mengatakan, ICSB akan ikut berkontribusi dalam memajukan UMKM di Kota Semarang. Dengan mengambil peran sebagai integrator antara pemerintah, peneliti, pendidik, pebisnis dan media.

“Jadi kami mendorong pemkot Bank Mentor bagi para pelaku UMKM,” katanya saat saat audiensi Pengurus ICSB periode 2021 – 2023 dengan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

Wakil Direktur Bidang Akademik, Andriyani menambahkan, program utama ICSB akan menciptakan local-local champion yang kompeten. Sehingga mampu melahirkan pelaku-pelaku usaha unggul dan sustainable yang tumbuh dari kecamatan-kecamatan di Kota Semarang.

Baca juga:  Suporter Tak Keberatan PSIS Main di Luar Kota

“Dengan kurikulum yang baku dan bisa diaplikasikan dalam bisnis berdasarkan teori dan pengalaman berbisnis yang dipunyai para mentor. Sehingga harapannya Kota Semarang ini memiliki semacam bank mentor bagi para UMKM,” katanya.

Audiensi Pengurus ICSB periode 2021 – 2023, dipimpin oleh Direktur Area Kota Semarang Nur Fuad beserta para wakil direktur serta beberapa pelaku usaha.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, berpesan agar target ICSB tidak perlu muluk-muluk.  “Tapi coba menciptakan target berapa UMKM yang hendak didampingi dan jadi betul,” katanya.

Hendi menegaskan, Pemkot berkomitmen mendukung dan akan memfasilitasi dengan tiga program, gratis pengurusan soal perijinan , HAKI dan label halal, fasilitasi peningkatan packaging yang saleable.

Baca juga:  Rumah Lilin Sam Poo Kong Terbakar

Termasuk juga memberikan kepercayaan kepada ICSB untuk membuat dua program pelatihan bersertifikat dalam satu tahun ini dan bisa menggunakan BLK yang ada. “Silahkan jalan dengan dinas-dinas terkait, dan kalau tidak jalan karena ada kendala nanti datang ke saya lagi,” ujarnya.

Penasihat ICSB Area Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara, berpesan agar ICSB punya roadmap yang terukur dengan result yang jelas supaya lebih maksimal. Kontribusi ICSB terhadap kemajuan UMKM Kota Semarang harus bisa dimaksimalkan agar bisa terprogram untuk naik kelas. “Maka ICSB harus punya roadmap yang terukur dengan result yang jelas,” tambahnya. (mha/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya