alexametrics

70 Persen Lansia Sarirejo Sudah Vaksin Booster

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Melalui Forum Kesehatan Kelurahan (FKK), vaksinasi booster atau dosis ketiga gencar dilakukan di Kota Semarang. Salah satunya dilakukan FKK Kelurahan Sarirejo, Semarang Timur yang mengadakan vaksinasi booster untuk 500 warga lansia (lanjut usia) di SD Xaverius, Sabtu (29/1).

Kirana Raharjo, ketua FKK Sarirejo mengatakan, vaksinasi booster perdana ini diprioritaskan untuk lansia usia 60 tahun ke atas.

“Kenapa mereka diprioritaskan? Karena mereka lebih rentan terhadap virus dibanding yang lebih muda, bukan bermaksud diskriminasi ya,” ujar Kirana kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kirana menjelaskan, sebelum lansia melakukan vaksinasi, mereka harus melewati screening atau verifikasi data terlebih dahulu. Dokumen yang perlu dipersiapkan adalah fotokopi KTP untuk mengecek umur serta kartu vaksin untuk melihat apakah sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dalam periode enam bulan.

Baca juga:  Pemkot Semarang Target Pendapatan PBB Rp 577 Miliar

“Setelah verifikasi data, lansia diukur tekanan darahnya. Jika memenuhi syarat, mereka diminta untuk menunggu giliran divaksin,” katanya.

Kirana menyebutkan, dari kuota 500 itu, ada 463 lansia yang divaksin dosis ketiga. Jumlah tersebut sudah mencakup sekitar 70 persen jumlah lansia di Kelurahan Sarirejo.  Untuk vaksinasi ke depan, pihak FKK Sarirejo akan membuka vaksinasi dosis ketiga untuk masyarakat umum mulai usia 18 hingga 60 tahun.

Dikatakan, FKK Sarirejo sudah mengadakan vaksinasi sebanyak 14 kali sejak pandemi Covid-19 hingga munculnya varian baru Omicron. Pelaksanaan vaksinasi tidak hanya dilakukan di SD Xaverius, tapi juga di Balai Muslimin Gedong Kelurahan Sarirejo.

“Agar masyarakat tidak bosan, kami mengadakan vaksin di dua tempat. Sampai sekarang sudah 14 kali melakukan vaksinasi,” tuturnya.

Baca juga:  Vaksinasi Booster Capai 5.067 Suntikan

Pihaknya menggandeng Puskesmas Halmahera untuk membantu vaksinasi. Selain itu, juga para relawan dan mahasiswa KKN juga ikut diterjunkan.

Djatmiko, lansia yang tinggal di RT 03 RW 02 Kelurahan Sarirejo mengaku senang telah melakukan vaksinasi dosis ketiga. Menurutnya, vaksinasi adalah program pemerintah yang perlu didukung oleh semua warga.

“Karena vaksinasi ini menyangkut nyawa, saya kira program pemerintah yang seperti ini perlu didukung dan disukseskan,” ungkap lansia berusia 72 tahun ini. (mg6/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya