alexametrics

Progres Mal Pelayanan Publik Semarang Sudah 90 Persen, Mei Diresmikan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dilakukan Pemkot Semarang di Terminal Tipe A Mangkang sudah mencapai 90 persen. Tinggal finishing dan penambahan instalasi tambahan untuk memudahkan masyarakat. Rencananya MPP ini diresmikan bulan Mei mendatang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang Widoyono yang turut mendampingi Komisi A melakukan tinjuan menambahkan, tahun ini Pemkot Semarang akan menambah anggaran untuk menambah infastruktur.

“Total anggaran yang dipersiapkan sekitar Rp 2 miliar. Nanti akan digunakan untuk pengadaan lift, ekskalator, dan finsihing lainnya. Apalagi letak MPP nanti akan ada di lantai 2,” katanya saat melakukan tinjauan progres MPP di Terminal Tipe A Mangkang bersama Komisi A DPRD Kota Semarang, kemarin.

Baca juga:  Pasar UMKM untuk Pulihkan Ekonomi Warga Kelurahan Krapyak

Saat ini, Pemkot juga akan menggarap software, hardware, serta peralatan komunikasi seperti telepon. Kemudian perangkat pelayanan dan SDM yang akan terlibat dalam pelayanan MPP ke depan. Total akan ada 16 perwakilan OPD yang membuka pelayanan di tempat tersebut.

“Nanti ada 30 jenis pelayanan yang ada di sini, 16 dari Pemkot Semarang, dan 14 dari Polrestabes, Samsat, Kantor Pertanahan, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Perbankan, dan lainnya,” paparnya.

Kepala Terminal Mangkang Reno Adi Pribadi mengatakan pemakaian fasilitas terminal dijalankan dengan sistem pinjam pakai, bukan menggunakan sistem sewa. Ini sebagai terobosan agar terminal milik Kementerian Perhubungan tersebut bisa ramai.

“Konsepnya mal pelayanan di terminal. Kemarin kami gelar event untuk meramaikan terminal. Saat ini terminal sudah dibuat lebih nyaman dan aman dari segi fasilitas maupun infastruktur. Bukan hanya untuk pelayanan transportasi, tapi bisa mencakup semuanya,” pungkasnya.

Baca juga:  Resepsi Milad ke-109 Muhammadiyah Digelar 20 November

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Wahyoe Liluk Winarto meminta Pemkot Semarang segera melakukan sosialisasi sebelum MPP resmi dibuka. Idealnya Pemkot melakukan uji coba pelayanan dan pembukaan MPP Maret mendatang. “Agar masyarakat yang tahu tentang MPP, bisa paham,” tambahnya. (den/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya