alexametrics

Diikuti Ribuan Santri, Pawai Kauman Kampung Quran Berlangsung Meriah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kampung Quran, Minggu (23/1) pagi. Pawai diikuti ribuan santri dari tiga pondok pesantren Kampung Kauman, Semarang.  Mereka mengusung replika Alquran raksasa, diarak keliling Lapangan Simpang Lima hingga finish di Alun-Alun Masjid Agung Semarang di Kauman Johar.

Tokoh kampung Kauman Semarang yang juga Pengasuh Pesantren penghafal Alquran Raudhatul Quran Kauman Semarang Ir KH Khammad Ma’sum Alhafidz mengatakan, pawai arak-arakan Kauman Kampung Quran dimulai dari Simpang Lima – Jalan Gajahmada – Jalan KH Wahid Hasyim (Kranggan)  dan finish di Alun-Alun Masjid Agung Semarang (MAS). “Ini juga sekaligus tasyakuran kembalinya Pasar Johar dan Alun-Alun MAS,” kata Gus Khammad, sapaan akrab KH Khammad Ma’sum.

Baca juga:  Unwahas Sabet Dua Rekor Prestasi

Gus Khammad menambahkan, arak-arakan  diikuti enam grup drum band, pasukan angklung, pasukan rebana, dan pasukan-pasukan lainnya. Juga pawai becak hias.

Ia menjelaskan, dari kalangan santri saja ada 300 orang. Belum lagi santri lain dari pesantren di lingkungan Kauman Semarang, yang jumlahnya hampir 500-an santri.

“Di Kauman ada tiga pondok pesantren penghapal Alquran, yaitu Pesantren Raudhatul Quran, Pesantren Mathlaabul Mafaazil Quran (MMQ) dan Pesantren Tahafudlul Qur’an,” terangnya.

Pantauan koran ini, lebih dari 2.000 peserta ikut berpartisipasi dalam arak-arakan ini. Identitas atau busana yang mereka pakai terlihat berbeda-beda. Ada yang memakai busana khusus marching band dan ada juga yang memakai seragam pondok pesantren. Ada aksesori untuk menambah kesan meriah dalam pawai ini. Mulai bendera, replika Alquran, becak hias, dan lainnya.

Baca juga:  Klaster Keluarga Mendominasi, Prosedur Isolasi Mandiri Dievaluasi

Para warga Kota Semarang berbondong-bondong melihat pawai arak-arakan ini. Terlihat para penonton merasa senang dan terhibur dengan adanya kegiatan tersebut. Tidak hanya itu, warga juga berswafoto dan merekam kegiatan ini. Dalam kegiatan ini, masih banyak warga maupun peserta yang tidak memakai masker. Terlihat dari pantauan Jawa Pos Radar Semarang para penonton tidak ada jarak satu sama lain. Masih banyak warga Kota Semarang yang melanggar protokol kesehatan.

Rangkaian acara Kauman Kampung Quran ini pada 24, 25, 26, 27, 28 Januari 2022 digelar bazar, pentas seni, dan khataman Alquran yang akan diikuti 500 peserta. Mereka secara bersama mengkhatamkan Alquran di Masjid Agung Semarang. (cr2/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya