alexametrics

Ikuti Lomba Menari dan Menyanyi, Tujuh Napi Lapas Kedungpane Terima Penghargaan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Narapidana juga bisa menyalurkan bakat, salah satunya melalui lomba. Hasilnya, dari perlombaan yang diikuti pada Desember 2021 lalu, sebanyak tujuh narapidana Lapas Kedungpane Semarang mendapatkan penghargaan dari Second Chance Foundation. Piagam tersebut dikirim melalui jasa pengiriman ke Lapas.

“Kami menerima tujuh piagam penghargaan yang terdiri atas lima piagam sebagai peserta kategori menyanyi dan dua piagam kategori menari,” kata Kalapas Semarang Supriyanto Kamis (20/1).

Ia mengatakan, dengan diraihnya penghargaan tersebut, menandakan jika narapidana dapat berkreasi dan berprestasi meski memiliki keterbatasan ruang. Menurutnya, bakat dan keterampilan yang dimiliki oleh narapidana ini tentunya akan terus diasah di Lapas. Hal ini menjadi bagian dari hak narapidana supaya mereka bisa mengekspresikan diri melalui sebuah karya dan tidak terhenti di Lapas.

Baca juga:  Tenggak Ciu dan Bawa Celurit, Lima ABG Diamankan

“Kami akan selalu mendukung dan memfasilitasi minat dan bakat narapidana selama kegiatan itu positif. Salah satunya dengan mengikutkan narapidana dalam berbagai perlombaan,” ungkapnya.

Kalapas juga mengajak seluruh warga binaan agar berkompetisi melakukan dan menciptakan hal-hal yang positif selama menjalani pembinaan di Lapas hingga kembali di masyarakat.

Hal ini sejalan dengan tujuan pemasyarakatan yaitu setelah mereka keluar dari Lapas, tidak melakukan tindak pidana lagi. Selain itu, diharapkan dapat menjadi manusia yang seutuhnya berguna, berperan aktif, dan kreatif serta dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.

Sementara itu, salah satu narapidana penerima piagam tersebut, Okke mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Lapas Semarang yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Baca juga:  Menyaru Anggota TNI AL, Gelapkan Motor Bermodus Menawari Kerja

Menurutnya, menang atau kalah adalah hal yang biasa. Bisa mendapat kesempatan untuk berkarya dan berkespresi melalui kegiatan seperti ini. Ia mengaku sudah senang dan bahagia. “Kami akan selalu bersemangat berlatih lagi agar perlombaan berikutnya bisa menjadi yang terbaik,” terang Okke, narapidana kasus narkoba tersebut. (ifa/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya