alexametrics

Dukung Gerakan Zakat, Hendi Dapat Penghargaan dari Baznas RI

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dianugerahi penghargaan oleh Baznas pusat, sebagai salah satu Wali Kota Pendukung Gerakan Zakat Indonesia pada ajang Baznas Awards 2022 di Hotel Sultan, Jakarta beberapa waktu lalu. Namun karena dia berhalangan hadir, penerimaan penghargaan pun diwakili oleh wakil wali kota, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Dalam acara tersebut, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberikan penghargaan kepada sejumlah menteri, para gubernur, bupati, wali kota, artis hingga Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan para pihak yang berjasa atas perkembangan zakat di tanah air melalui 184 kategori penerima penghargaan.

Adapun atas penghargaan yang diberikan tersebut, wali kota yang akrab disapa Hendi itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas pusat. Dirinya menuturkan jika penghargaan itu bukan semata-mata untuk dirinya, pasalnya tanpa ada kesadaran dan dukungan dari masyarakat untuk membayarkan zakat melalui OPZ seperti Baznas tentu penghargaan itu tidak akan bisa diperoleh.

Baca juga:  Minta CCTV di Kantor Perbankan, Pusat Perbelanjaan, Minimarket dan Perkantoran Diintegrasikan ke Pemkot

“Kami berharap, penghargaan ini bisa semakin memotivasi masyarakat untuk sadar zakat dan menyalurkannya melalui unit-unit pengelola zakat yang ada, salah satunya melalui Baznas,” tutur Hendi.

“Pemerintah Kota Semarang punya yang namanya BAZNAS Kota Semarang, sebagai badan pengelola dan penyalur zakat yang merupakan mitra Pemerintah. Dengan program-programnya yang jelas lebih baik dari pada mustahik yang menyalurkan zakatnya secara mandiri,” imbuhnya.

Hendi pun menambahkan tentang besarnya potensi zakat. “Dengan presentase sekitar 89.5 persen dari total pegawai Negeri atau sekitar 8.900-an pegawai yang mayoritas muslim, maka potensi zakat yang bisa dikumpulkan dari penghasilan PNS Kota Semarang sangat besar,” terang Hendi.

Hendi juga berharap adanya kerja sama yang baik antara pihaknya dengan Baznas kota Semarang untuk memaksimalkan potensi zakat PNS yang didapatkan dari gaji dan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP).

Baca juga:  Tuntut Empat Mahasiswa Dibebaskan

Acara penghargaan Baznas Awards 2022 dihadiri secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Baznas RI Prof Dr H Noor Achmad MA menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung upaya peningkatan kesejahteraan umat melalui zakat.

“Baznas memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan mendukung upaya Baznas dalam menyejahterakan umat melalui Baznas Award, yang kali ini melibatkan lebih dari 300 tokoh dan lembaga, dengan 184 pemenang. Ini menjadi kebanggaan bagi kami semua. Penerima penghargaan di tahun ini meningkat tajam dari tahun sebelumnya,” pungkas Noor Achmad. (isk/web)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya