alexametrics

Memanasi Mesin, Toyota Corolla dan Supra X Hangus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Satu unit mobil dan motor hangus terbakar dalam garasi rumah. Diduga api muncul karena korsleting listrik pada mesin mobil. Dua kendaraan tersebut milik Benny Hartawan, 52, warga Perum Setia Asri, Sumurboto, Kecamatan Banyumanik.

Kejadiannya Jumat (14/1) pukul 06.50. Saat itu, sang empu berniat memanasi mesin mobil Toyota Corolla tahun 1994, yang terparkir di garasi. Setelah beberapa menit, mesin dimatikan. Beni pun kembali beraktivitas, saat itu sedang bersih-bersih rumah.

“Kurang lebih ya lima menitan, terus mesin saya matikan. Namun selang beberapa menit, alarm berbunyi,” ungkap Benny.

Sebelum alarm berbunyi, Benny sempat mencium bau asap yang bersumber dari mobilnya yang bernopol H 8236 SG itu. Merasa penasaran, kemudian Benny mengecek.

Baca juga:  Enam Stasiun Pompa Disiagakan

“Terlihat ada percikan api dibagian mesin dan keluar asap. Kemudian muncul api. Saya langsung berusaha menjauhkan barang-barang yang kemungkinan (api) bisa merambat,” jelasnya.

Selain itu, Benny juga berupaya melakukan pemadaman. Namun usahanya tak berhasil, api semakin membesar. Seketika itu, Benny langsung berteriak mencari perhatian warga dan mengimbau anggota keluarganya segera menyelamatkan diri keluar rumah. Api pun menjalar ke Honda Supra X yang ada di dekatnya.

“Mobil dan sepeda motor semua terbakar. Kalau kerugian ya antara Rp 90 juta sampai Rp 100 juta,” katanya.

Beruntung api tidak menjalar ke bagian ruang lain. Api pun melumat habis dua kendaraan Benny, bahkan sampai tinggal rangka. Tampak juga eternit garasi ambrol. Sebagian kanopi meleleh. Tidak ada korban dalam insiden ini.

Baca juga:  Pemkot Antisipasi Pedagang Dadakan

Sementara, petugas satuan keamanan komplek perumahan, Temmy, 36, menjelaskan sempat mendengar suara ledakan ketika api membesar.
“Saya mau menarik sepeda motornya tapi ada suara ledakan dari mobil,” imbuhnya.

Terpisah, Kabid Operasional dan Penyelamatan Damkar Kota Semarang, Trijoto Poejo Sakti mengaku sempat kesulitan saat kendaran unit Damkar mengakses lokasi. Jalannya sempit.

“Kami terjunkan dua unit armada mobil pemadam dengan 11 personel. Alhamdulillah api berhasil dipadamkan,” katanya. (mha/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya