alexametrics

Serap Tenaga Kerja dari Program Pemagangan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Program pemagangan dalam negeri yang tersebar di berbagai perusahaan di Jateng turut membuka peluang penyerapan tenaga kerja. Dengan program tersebut, peserta yang kompeten dapat langsung direkrut di perusahaan tempat magang setelah program selesai.

Anggota Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Jateng Dickson Saunders menyampaikan, selain memperoleh training dan pengalaman lapangan, para peserta juga mendapat uang saku sebanyak 80 persen dari gaji pokok.

“Biasanya sekitar 2 jutaan lebih, baik dari dana APBN dan dari perusahaannya itu sendiri,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dikatakan, pihaknya memonitor pelaksanaan pemagangan di wilayah Jateng. Untuk dapat membuka program magang itu, perusahaan diwajibkan memperhatikan tiga hal, yakni program, sarana dan prasarana, dan risiko.

Baca juga:  Juli, Pedagang Boyongan ke Pasar Johar Tengah dan Utara

Sehingga pelaksanaan program magang sudah konsep yang telah dirancang perusahaan. Kemudian peserta mendapat sarana atau fasilitas untuk menjalani program itu baik sarana fisik, maupun mentoring dari pihak perusahaan.

Program ini dinilai efektif untuk melatih tenaga kerja. Ini menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk membentuk tenaga kerja yang kompeten. Dengan bimbingan dari instruktur atau para ahli dan kesempatan yang diberikan memungkinkan peningkatan SDM tenaga kerja.

“Perusahaan juga sangat terbantu dalam merekrut tenaga kerja dengan program unggulan ini. Karena tujuan pemagangan ini juga adanya penempatan tenaga kerja,” imbuhnya.

Peserta mendapat bekal teori dengan porsi sebanyak 25 persen dan praktik sebanyak 75 persen. Penentuan kompetensi pun ditentukan oleh perusahaan itu sendiri. Pada 2020 dan 2021 lebih dari 90 persen peserta pemagangan diterima langsung di perusahaan. “Kebanyakan dari industri tekstil dan produksi manufaktur,” pungkasnya. (taf/ida)

Baca juga:  Polisi Buru Lima Pelaku Pengeroyokan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya