alexametrics

Belum Setahun Diperbaiki, Jalan Deliksari Ambrol Lagi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang sejak Jumat (31/12) membuat akses Jalan Deliksari, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati ambrol. Hal itu dipicu tanah bergerak dan debit air yang melimpah saat hujan deras.

Jalan yang ambrol ini terhitung baru. Belum ada setahun diperbaiki gara-gara masalah yang sama. Sudah dua hari akses utama jalan penghubung RT 1 hingga RT 6 di wilayah Deliksari ini ditutup. Itu membuat warga yang ingin lewat menuju ke wilayah RW 6 harus mengakses jalan yang lumayan jauh.

“Jadi warga yang mau lewat ya mau gak mau harus muter dulu. Dan jalan muter itu agak bahaya. Karena tikungannya curam. Mobil saja susah lewat,” ungkap Yulianto, kepala pembangunan jalan Deliksari kepada Jawa Pos Radar Semarang Sabtu (1/1) siang.

Baca juga:  Musim Pancaroba, Waspadai Sebaran DBD

Lebih lanjut dia katakan, kondisi tanah di wilayah Deliksari terbilang labil. Alias tanah bergerak. Pada Januari 2021, jalanan tersebut juga ambrol. Bahkan, hingga akhir 2021 jalanan yang baru dibangun itu sudah ambles dua kali.

“Pas dibangun taludnya juga pernah ambrol. Jadi harusnya kalau diperbaiki itu ada paku buminya atau tiang pancang. Biar ngiket dan gak ambrol lagi,” tuturnya.

Dalam pantauan koran ini, terlihat akses jalan tersebut tidak bisa dilewati oleh kendaraan. Aspal terbelah dan talud juga roboh. Curah hujan serta debit air yang tinggi semakin memperparah ambrolnya jalan. Kondisi terparah terjadi pada Jumat (31/12) malam. Hal tersebut juga membahayakan rumah-rumah warga yang berada di wilayah bawah.

Baca juga:  Pameran Properti, Targetkan Transaksi Rp 60 M

“Semalam pak RW dan warga sini rembugan untuk perbaikan jalan buat sementara. Besok Minggu (2/1) mau kerja bakti benerin jalan lagi,” ujar Ngatemi, salah satu warga RT 1 RW 6 Deliksari. (dev/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya