alexametrics

Wali Kota Hendi Janji Beri Nama Jalan Ki Nartosabdo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berencana memenggal sebagian Jalan Pemuda untuk dinamai Jalan Ki Nartosabdo pada 2022 mendatang. Itu sebagai bentuk pengahargaan kepada seniman legend asal Kota Semarang ini.

Hal tersebut disampaikan Hendi –sapaan akrab wali kota- dalam acara Penyerahan Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual Lagu Kudangan Karya Ki Nartosabdho kepada ahli waris oleh Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jateng A Yuspahruddin, di kantor Kanwil Kemenkumham Kamis (30/12) kemarin.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh perwakilan ahli waris dan keluarga Ki Nartosabdo, dan pejabat struktural administrator Kanwil Kumham Jateng. Selain itu, Kemenkumham juga memberikan penghargaan kepada Wali Kota Semarang sebagai Fasilitator Pendaftaran Kekayaan Intelektual bagi UMKM.

Baca juga:  Hendi Akan Salat Ied di Balai Kota

Sedangkan rencana Hendi memberikan nama jalan tersebut mendapatkan applause semua hadirin. “Ide ini 100 persen muncul dari guru atau senior saya,” katanya.

Sementara itu, A Yuspahruddin menyampaikan, hak cipta sangat penting untuk didaftarkan supaya jelas secara hukum pemilik suatu karya, sehingga pencipta ataupun yang mewarisinya dapat mendapatkan hak, baik secara moril maupun materiil atas komersialisasi suatu karya, seperti Lagu Kudangan yang kini telah resmi memiliki Surat Pencatatan Ciptaan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat supaya mendaftarkan hak cipta karyanya, agar suatu saat dapat dilindungi secara hukum karyanya, jika ada orang yang mengklaim, bahwa itu adalah ciptaanya,” tambahnya.

Selaku kuasa hukum, Boyamin Saiman, menuturkan, ke depan pihaknya akan mendaftarkan semua karya Ki Nartosabdo supaya mendapatkan legalitas Hak Cipta dan menjadi warisan Kesenian Bangsa Indonesia. Apalagi pelayanan pendaftaran Hak Cipta di Kemenkumham sangat mudah.

Baca juga:  Kaki Palsu dan Laptop untuk Reno

“Disini dilayani dengan ramah, siapapun yang melakukan pendaftaran. Awalnya saya tidak memperkenalkan diri secara lengkap, hanya Boyamin saja, tapi tetap mendapat pelayanan yang baik,” kata Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) tersebut.

Ki Nartosabdho adalah seniman dan Dalang Wayang Kulit Legendaris dari Jateng. Lagu Kudangan secara resmi terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan HAM sebagai Hak Cipta miliknya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng juga memberikan penghargaan kepada Wali Kota Semarang atas jasanya memfasilitasi 250 UMKM untuk mendaftarkan kekayaan intelektual. Hal ini berkaitan dengan peran Pemkot Semarang memfasilitasi pelaku usaha mikro dan menengah binaannya untuk mendaftarkan usahanya, yaitu pendaftaran merek. (cr1/ida)

Baca juga:  Mulai Dibanjiri Pemudik, Bandara Ahmad Yani Semarang Tambah Enam Extra Flight

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya