alexametrics

Pembangunan RTH Bubakan Rampung, Dibuka Bareng Museum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangPembangunan Taman Bubakan telah rampung. Taman yang berfungsi sebagai jalan penghubung ke Museum Bubakan ini, rencananya akan dibuka bersamaan dengan beropersionalnya museum.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suryaty menjelaskan, pengerjaan taman tinggal finising, seperti setting lampu taman. Lampu taman ini berada di dalam ornamen berbentuk trapesium dengan aneka motif. Lampu bisa berubah warna, sehingga menambah estetika taman.

“Ada tiga lampu berukuran besar. Pencahayaannya bakal diatur agar bisa berganti serempak warna yang sama. Misalnya di-setting tiap 30 detik warnanya berganti,” katanya, Senin (27/12).

Atik begitu ia disapa, menambahkan, untuk pembangunan lahan parkir rencananya dikerjakan pada 2022. Saat ini akses dari MT Haryono tidak lagi langsung ke Jalan Pattimura, namun harus memutar Museum Bubakan.

Baca juga:  12 Karya Indonesian Fashion Chamber Semarang Tampil di Festival Kota Lama

“Kita juga akan melakukan penghijauan dengan menanam pohon pule sebagai pohon peneduh dan aneka jenis bunga untuk mempercantik taman,” tuturnya.

Pengoperasian taman masih menunggu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang mengelola museum. “Taman akan difungsikan mengikuti beroperasinya museum,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, dibuat pintu di ujung Jalan MT Haryono dengan sistem buka-tutup. Akses ini akan difungsikan dalam kondisi darurat. Misalnya saat ada kegiatan di sekitaran taman atau yang lainnya.

“Misalnya kalau ada kegiatan-kegiatan atau kepentingan yang membutuhkan akses langsung dari MT Haryono ke Jalan Pattimura, nanti akses pintu ini bisa dibuka,” terangnya.

Kepala Dishub Kota Semarang Endro P Martanto mengatakan, terkait pengalihan rute lalu lintas di Taman Bubakan akan dibuat permanen. Saat ini sedang dilakukan sosialisasi pengendara yang biasanya dari MT Haryono langsung ke Pattimura, sekarang harus memutar terlebih dulu.

Baca juga:  Pembacokan Taruna AMNI dan Pelajar di Manyaran Ternyata Salah Sasaran

Crossing taman juga akan permanen. Saat ini pengerjaannya sudah selesai,” tambahnya. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya