alexametrics

Kenalkan Kampung Tematik Olasi melalui Exovillage

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kampung Tematik Olahan Singkong (Olasi) menjadi salah satu spot potensi wisata di Wonosari, Ngaliyan. Karena itu, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) mempromosikan kampung tersebut melalui Exovillage.

Exovillage merupakan platform yang mendorong perkembangan era digitalisasi UMKM di pedesaan dengan pendekatan teknologi 4.0 guna pencapaian SDG’s. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa Undip mempromosikan kampung tersebut dengan tema Pemetaan Potensi Desa dalam Upaya Pencapaian SDG’s.

“Saya senang. Karena mendapat kesempatan untuk melakukan kunjungan secara langsung di beberapa spot potensi desa di Kelurahan Wonosari. Apalagi jarak lokasi antar spot saling berdekatan,” kata Aliyya Saliima Izza yang didampingi Alvita Malinda Febrianty Fu’adi, mahasiswa KKN Undip kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Lebih lanjut dia katakan, spot potensi desa yang ada di Kelurahan Wonosari meliputi Pondok Pesantren tertua di Kota Semarang yaitu Pondok Pesantren Salafi Luhur Dondong, Semarang Zoo, Kampung Tematik Olahan Singkong, GOR Hamas, dan Pasar Tradisional Mangkang. Adapun potensi unggulan di Kelurahan Wonosari ialah Kampung Tematik Olahan Singkong yang berada di RT 01/RW 06.

Baca juga:  Penumpang Pesawat Turun, Kereta Api Naik, Jalan Protokol Padat Merayap

Wilayah yang biasa disebut Kampung Olasi ini memiliki beraneka ragam hasil olahan singkong. Untuk itu, kampung tersebut dapat menunjang wisata kuliner jajanan olahan singkong. Selain itu, pemberdayaan masyarakat sekitar dengan pengolahan jajanan olahan singkong diharapkan menjadi sesuatu yang menarik bagi wisatawan.

“Sekarang ada lebih dari 20 produk hasil olahan singkong. Dan pemasarannya di rumah Ketua Karang Taruna setempat. Lalu, produk olahan singkong ini pun dijual ke Pasar Tradisional dan beberapa toko lainnya,” terangnya.

Tak hanya itu, kampung ini juga melakukan bubidaya lele dan jamur tiram selama pandemi. Budidaya ini terdapat di beberapa rumah masyarakat Kampung Tematik OLASI, salah satunya di hunian milik Ketua RW 06 Kelurahan Wonosari.

Baca juga:  Undip Polisikan Empat Akun Penyebar Hoaks

Kelurahan ini pun memiliki beraneka ragam UMKM yang dikelola langsung oleh masyarakat sekitar. Untuk itu, mahasiswa KKN Undip juga mengadakan pelatihan materi branding, mapping, dan storytelling kepada para warga secara daring.

“Semoga masyarakat dapat lebih dekat dengan digitalisasi sehingga masyarakat setempat khususnya wilayah Kelurahan Wonosari dapat berkembang seiring berjalannya era digital ini,” tandasnya. (dev/cr1/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya