alexametrics

Gus Yahya yang Baru Saja Terpilih Jadi Ketum PBNU Ternyata Presiden

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang — Ketua Umum PBNU terpilih di Muktamar NU Lampung, KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya ternyata seorang “Presiden”.

Pengasuh pondok pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang itu, menjabat sebagai Presiden Republik Terong Gosong hingga sekarang.

Apa itu Terong Gosong? Terong Gosong merupakan sebuah komunitas yang didirikan oleh Gus Yahya sendiri. Nah, oleh para pengikutnya, ia didapuk sebagai Presiden komunitas ini.

Terong Gosong terbentuk melalui jejaring sosial Facebook pada 13 Mei 2009, Klaim Gus Yahya, tidak ada tujuan khusus atas berdirinya Terong Gosong. Kecuali hanya untuk memanfaatkan teknologi. Tujuannya, agar bisa mendokumentasikan cerita-cerita di seputar dunia pesantren.

Anggota komunitas Terong Gosong, hingga sekarang, tercatat ada lebih dari 39.000 orang. Nah, ratusan konten terpampang pada halaman Facebook Terong Gosong. Sebagian besar berupa cerita pendek jenaka yang mengundang gelak tawa. Berangkat dari sinilah, maka lahir buku berjudul The Terong Gosong (jilid 1) dan Terong Gosong Reloaded (jilid 2).

Baca juga:  Gratis, Layanan Kesehatan Tambahan dari KAI di Stasiun Tawang dan Poncol

Isi buku kumpulan kisah yang pernah diunggah di halaman Terong Gosong. Cikal bakal terbitnya buku ini berawal dari sebuh komunitas, Terong Gosong, di laman penggemar Facebook.

Laman Facebook tersebut sebagai wahana silaturahmi bagi para pengguna Facebook dari kalangan pesantren. Nah, tujuan utama dari komunitas tersebut adalah bertukar humor dan pengalaman lucu berkaitan dengan dunia pesantren.

Hanya saja, kendati pada kata pengantar Gus Yahya menyebut buku tersebut hanya mengajak tertawa saja. Toh, ada banyak hikmah, pelajaran, dan sejarah yang dapat dipetik dari buku tersebut. Yaitu, konten cerita-cerita lucu, tak asing bagi kaum sarungan. Biasanya, kisah-kisah humor di kalangan santri turun menurun diceritakan melalui budaya tutur yang sudah mengakar di dunia pesantren.

Baca juga:  Kelurahan Kembangarum Andalkan Tanaman Herbal

Sepertinya, Gus Yahya berupaya melestarikan kisah-kisah jenaka yang sudah bertahun-tahun tumbuh subur secara alami di kalangan santri. (*/isk)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya