alexametrics

Jelang Libur Nataru, Stasiun Tawang Dipadati Penumpang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kurang lima hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Stasiun Kereta Api (KA) Tawang Semarang mengalami lonjakan penumpang. Bahkan per harinya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menyediakan rata-rata 8 ribu tiket KA. Itu sebagai antisipasi kebutuhan masyarakat yang akan bepergian.

Sebagian dari mereka, Senin (20/12) kemarin, menggandeng anak-anaknya untuk bepergian menggunakan moda kereta api. Kendati begitu, masyarakat tetap menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Antisipasi kami jika terjadi lonjakan penumpang, yakni dengan menerapkan aturan baru. Untuk kereta jarak jauh, anak di bawah 12 tahun wajib menunjukkan hasil negatif PCR. Itu berlaku dari 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022,” kata Kepala Daop 4 Semarang Wisnu Pramudyo kepada Jawa Pos Radar Semarang Senin (20/12).

Baca juga:  Masa Pandemi, Mampu Lampaui Target

Dia menjelaskan, dibandingkan dengan tahun lalu animo masyarakat untuk bepergian saat ini meningkat hingga 30 persen. Diprediksi akan terus bergerak serta naik lebih tinggi. Terlebih masih ada momen puncak Nataru 2022. Untuk itu, pihak PT KAI Daop 4 Semarang juga menambah layanan vaksinasi di stasiun.

“Itu sebagai bentuk membantu pemerintah dalam program vaksinasi juga. Rute favorit masyarakat di wilayah Daop 4 Semarang sejauh ini masih didominasi rute dari Semarang menuju Jakarta dan rute Semarang menuju Surabaya,” terangnya.

Sementara itu, Aji, 27, salah satu penumpang mengaku lebih nyaman bepergian menggunakan moda kereta api. Selain lebih santai, ia merasa nyaman dibandingkan dengan bepergian dengan moda pesawat. “Ini saya mau menuju Surabaya dan lebih enak pakai kereta. Lebih nyantai aja gitu. Apalagi saya sama istri,” ujarnya.

Baca juga:  Pasar Manyaran Semarang Terbakar, Api Diduga Berasal dari Kios Penjual Barang Bekas

Aji mengatakan, jika momen Nataru kali ini terasa lebih hidup. Lantaran terdapat kelonggaran aturan dari pemerintah. Kendati begitu, ia tetap menerapkan protokol kesehatan dan menaati aturan yang telah ditetapkan.

“Ya semoga bisa merasakan euforia Nataru seperti pas sebelum pandemi lagi ya. Karena biasanya libur Nataru itu vibes-nya ngena banget, kayak momen lebaran,” tandasnya. (dev/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya