alexametrics

Kampung Wisata Mangunasmoro Resmi Dibuka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kampung Wisata Mangunasmoro telah di-launching Minggu (19/12) kemarin. Pengelolaan kampung tersebut merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kelurahan Mangunharjo dengan Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Semarang, Pokdarwis Durenan Indah, dan LPMK Kelurahan Mangunharjo.

Ketua LPMK Kelurahan Mangunharjo sekaligus Ketua Pokdarwis Durenan Indah Pramujiarto menjelaskan, terdapat sungai yang tidak terlalu dalam di RW 1 dan 2. Sangat berpotensi untuk membuka wisata keceh.

Tema Asmoro dirangkai untuk beberapa objek wisata, seperti Wot Asmoro atau Jembatan Asmorodi RW 2, Wisata Keceh Asmoro di RW 1. Selain itu, terdapat Asmoro Kependem atau edukasi kuliner dan olah raga panahan. “Dengan brand Asmoro, dapat menarik wisatawan datang ke sini, sehingga tidak perlu jauh ke Jogja,” jelasnya.

Baca juga:  13 Napi Dapat Asimilasi

Bahkan, terdapat pengembangan paket wisata seperti di RW 6 ada wisata edukasi membatik dan menanam anggrek. Di RW 8 wisata edukasi membuat pupuk organik. “Masyarakat dapat memilih paket wisata. Karena kalau satu objek saja kurang puas,” ungkapnya.

Perwakilan Jurusan Teknik Poltekkes Semarang Siti Masrochah menyampaikan, kegiatan ini merupakan implementasi adanya program Desa Binaan di Kelurahan Mangunharjo melalui pembentukan Kampung Wisata Sehat.

Selain itu, terdapat Mangunharjo Creation Day (MCD) yang diadakan tiap minggu kedua setiap bulan dengan kegiatan senam, pemeriksaan kesehatan, dan gelar UMKM. “Ke lokasi wisata Mangunasmoro menjadi ajang promosi hidup sehat dan mengembangkan UMKM di wilayah Mangunharjo dan sekitarnya,” katanya.

Lurah Mangunharjo Tembalang Nurudin menjelaskan, dirinya sangat mengapresiasi dan sangat mendukung kemajuan wilayahnya apalagi jika itu memulihkan perekonomian warganya. Pihaknya akan menggandeng stakeholder dan dinas terkait untuk membantu dalam sarana prasarananya. “Kami akan menggandeng beberapa pihak untuk sarana prasarana,” jelasnya. (fgr/ida)

Baca juga:  Tenggak Dua Botol Tiner, Bunuh Diri Gagal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya