alexametrics

Berjalan Sukses, Koneksikan Penggemar, Seller dan Breeder Koi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Gelaran akbar Semarang Koi’s Fest 2021 yang diselenggarakan Jumat (17/12) sampai Minggu (19/12),  di Skadron-11/ Serbu Puspenerbad Semarang, berjalan dengan sukses dan lancar karena mencatatkan rekor dengan jumlah ikan terbanyak.

Acara ini sendiri menerapkan protokol kesehatan (prokes) kepada peserta maupun, pengunjung yang melihat koi yang dipamerkan dalam ajang tersebut. Tujuannya tak lain adalah untuk mencegah penularan Covid-19.

“Jumlah peserta Semarang Koi’s Fest tahun ini mencatatkan rekor peserta 3.506 ikan. Protokol kesehatan kita jaga dengan ketat, pengunjung maupun peserta wajib mengenakan masker,” kata Ketua Panitia Semarang Koi’s Fest 2021, Andreas Hudisasmoko, Minggu (19/12).

Ia menjelaskan, dalam ajang tersebut dilombakan lima kategori dengan lima kelas yang berbeda, mulai ukuran dibawah 12 centimeter sampai yang terbesar 80 centimeter ke atas atau grand champion.

Baca juga:  Permudah Transaksi Lifestyle di Livin, Bank Mandiri Luncurkan Fitur Livin Sukha

“Tada ada di kategori grand champion mencapai 110 centimeter. Untuk penilaiannya mulai dari bodi, warna yang strong dan pattern atau corak yang enak dilihat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Semarang Koi’s Festival tahun ini memiliki tujuan agar ada sinergitas dan kebersamaan antara penghobi, diler atau penjual, dan breeder atau petani koi untuk menaikkan kualitas koi Indonesia.

“Harapannya tentu koi bisa memberikan manfaat secara ekonomi bagi lingkungannya, antara penghobi, diler dan breeder. Saya rasa untuk meningkatkan kualitas, komunikasi penggemar koi di Semarang ataupun Indonesia ini harus ditingkatkan,” tambahnya.

Ia menjelaskan, di Indonesia ada dua sentra koi lokal di Indonesia yang memiliki kualitas yang tak kalah dari koi import yakni Blitar dan Sukabumi. Semarang kata dia memiliki banyak penggemar koi, banyak pula penggemar namun belum terkoneksi dengan baik seperti di dua daerah tadi.

Baca juga:  80,46 Persen Lulusan Polifurneka Langsung Terserap di 31 Industri Furnitur

“Saya punya keinginan koi dari Semarang ini bisa naik, minimal dari segi kualitas dari event ini bisa dilirik orang. Untuk breeding memang belum, untuk penjualan koi asal Semarang ini bisa diperhitungkan,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, juga digelar bazar ikan koi, pakan, dan perlengkapan bagi pecinta koi. Selain itu juga mengumpulkan pelaku UMKM di Semarang dengan menggelar pemeran sehingga perekonomian bisa terangkat. (den/web/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya