alexametrics

Refleksi Akhir Tahun, Pererat Kebersamaan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Jelang akhir tahun, Jawa Pos Radar Semarang menggelar refleksi yang diikuti direktur, manajer, dan semua karyawan di d’Emmerick Hotel Salatiga pada 10-11 Desember. Acara tahunan tersebut juga diramaikan dengan perlombaan kostum koran (cosplay) hingga outbond. Kegiatan digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Selain menjadi suntikan penyemangat untuk menyongsong 2022, kegiatan itu berhasil mempererat kekeluargaan antarkaryawan Jawa Pos Radar Semarang.

Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi memaparkan kinerja perusahaan selama satahun terakhir di hadapan 62 karyawan. Ia menjelaskan dengan runtut dan transparan soal berbagai pencapaian hingga evaluasi untuk perusahaan. “Meski tidak tumbuh sebesar tahun lalu, tapi kita bisa bertahan, dan ini juga merupakan pencapaian yang patut kita syukuri,” ungkapnya pada rapat inti refleksi tahunan. Rapat terasa istimewa, karena seluruh karyawan mengenakan seragam batik baru yang akan dipakai sebagai seragam hari Jumat.

Para pegawai menyimak dengan seksama. Keterbukaan Baehaqi dalam memimpin perusahaan juga dibuktikan dengan diterimanya feedback dari para karyawan. Baik karyawan baru maupun senior diberi kesempatan mengungkapkan pendapatnya dalam forum.

Melihat respon positif para karyawan, Baehaqi optimistis bila di tahun mendatang Jawa Pos Radar Semarang dapat melebarkan sayapnya lebih luas. Ia juga menantang para karyawan untuk dapat menjadi juara nasional di Jawa Pos Radar Group seperti yang pernah diraih sebelumnya di masa kepemimpinannya.

Baca juga:  Wali Kota Upayakan Semarang Zero Stunting

Di samping itu, Baehaqi juga mengharuskan anak buahnya untuk bersenang-senang usai rapat agar benar-benar dapat me-refresh kembali semangat bekerja dan menebar kebermanfaatan. Ia bahkan menuturkan sebuah hadist.

Inna min hiyari ummatii, qauman yadkhakuna jahran min saati rahmatillah. Sesungguhnya umat pilihanku adalah orang-orang yang tertawa dengan keras karena gembira atas luasnya nikmat Allah,” tandasnya.

 

Para karyawan mengenakan kostum koran di acara hiburan malam dan api unggun. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Kemudian malam harinya, acara dilanjutkan dengan makan malam spesial di taman terbuka dengan berbagai menu bakaran. Lalu pameran kostum berlangsung dengan diiringi musik band dan api unggun.

Seperti fashion show pada umumnya, setiap karyawan maju berputar mengitari api sembari bergaya dan memamerkan hasil karyanya. Tak ada gengsi, tak ada jaim sedikit pun. Semua dengan percaya diri tampil dengan kostum koran buatannya. Tiga kostum terbaik dan satu kostum favorit diapresiasi dengan hadiah meriah seperti smartphone dan uang tunai. Juara I diraih Puput Puspitasari, wartawati Kota Magelang; Juara II Tri Waluyoningsih, marketing iklan, dan Juara III Hilda Prastiono, layouter. Sedangkan juara favorit Dhani Apriyanto, layouter.

Pada pukul 08.00 keesokan harinya, puluhan karyawan mengikuti outbond di lapangan terbuka. Dengan dipandu dari tim outbond d’Emmerick, semua menikmati keseruan permainan antarkelompok. Mulai dari menangkap jari, menyeberangkan anggota kelompok menggunakan tiga lembar kain, menyusun piramida dari tumpukan pot, hingga memasukkan beberapa gelang ke dalam sebilah bambu.

Baca juga:  Kapal Pesiar Viking Sun Ditolak di Dua Kota

Sebanyak 62 karyawan dibagi ke dalam enam kelompok yang ditandai dengan warna. Dengan berbagai cara, peserta berusaha menjadi lebih unggul dari kelompok lainnya. Ketiga permainan terakhir, diakui Baehaqi, sangat menguji kekompakan, kejujuran, dan mengasah kecerdasan menyusun strategi. Ia juga mengakui permainan terakhir cukup menguji kesadaran dan kerelaan anggota kelompok untuk saling membantu dan memahami kapasitas dirinya dalam menyelesaikan pekerjaan.

“Kadang kita mengerjakan sesuatu asal yang penting selesai, padahal kita bisa melakukan lebih,” ujarnya.

Pemandu outbond berhasil mempererat kekompakan kelompok selama pemainan. Berbagai candaan yang dilontarkan juga cukup menghidupkan suasana. Acara diakhiri dengan kunjungan ke icon kuliner Kota Salatiga Singkong Keju D-9. Kegiatan tersebut cukup menjadi motivasi para pegawai untuk memperbarui niat di tahun yang baru pula. Rombongan dari berbagai biro seperti Magelang, Pekalongan, dan daerah lainnya kembali dengan semangat baru.

Baca juga:  Cegah Radikalisme dengan Merawat Keberagaman

“Acara akhir tahun yang berkesan bagi saya. Semoga dapat menjadikan kekompakan dan keakraban kita bersama,” kata Ibnu Fikri, karyawan bagian grafis.

Hal yang sama diungkapkan M Hariyanto, wartawan desk kepolisian. “Acaranya seru, kompak, lucu dan berkesan.  Selalu meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Cuma beda konsep. Refleksinya juga debar-debar enjoy. Semoga semua wartawan, layout, admin, marketing, manager dan semuanya selalu kompak, solid untuk menjaga Jawa Pos Radar Semarang yang sudah keren dan dikenal instansi dan masyarakat. Semoga 2022 tambah top,” ujarnya.

Para karyawan juga optimistis, tahun depan Jawa Pos Radar Semarang akan tetap eksis dan berkembang. “Acara refleksi akhir tahun yang sangat berkesan, paparan akhir tahun dan rencana strategi perusahaan 2022 dari pak direktur yang penuh optimistis. Semoga tahun 2022, Tuhan memudahkan dan melancarkan semua urusan-urusan baik perusahaan kita. Aamiin,” kata Sulis SA, karyawan bagian iklan. (taf/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya