alexametrics

Bayar PBB Tepat Waktu, Warga Semarang Timur Dapat Mobil

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Wajah Triyanti, warga Jalan Widoharjo, Semarang Timur, tampak sumringah ketika melihat sebuah mobil baru berwarna hitam yang dipajang di depan Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang Jumat (3/12) pagi.

Mobil Daihatsu Rocky berwarna hitam tersebut akan ia bawa pulang, karena anaknya Catarina Pratiwangga menjadi pemenang pengundian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dilakukan Bapenda Kota Semarang. Triyanti, mewakili anaknya untuk mengambil hadiah mobil ini karena sedang berada di luar kota.

“Saya nggak menyangka kalau dapat hadiah, karena niatnya hanya patuh membayar pajak. Bahkan saya tidak tahu kalau diundi, dan ada yang menghubungi saya kalau dapat mobil,” kata Triyati kemarin.

Baca juga:  Pelaku Curanmor Menyaru Ojol 

Triyati mengaku, membayar pajak tepat waktu karena tidak ingin mendapatkan denda, objek pajak yang dibayar adalah rumah dengan luas 120 meter persegi. Sementara besaran pajak yang dibayarkan setiap tahun sekitar Rp 300 ribu.

“Hadiah ini punya anak saya, Catarina. Dia di Jakarta, baru menikah. Hadiah ini menjadi kado pernikahan dari Pemkot Semarang,” tuturnya.

Dia mengapresiasi Pemkot Semarang yang telah memberikan hadiah kepada para wajib pajak yang taat membayar pajak. Hadiah tersebut, kata dia, bisa merangsang masyarakat agar meningkatkan kepatuhan membayar pajak.

“Menurut saya, bisa jadi rangsangan wajib pajak lain untuk membayar pajak tepat waktu,” pungkasnya.

Kepala Bapenda Kota Semarang Agus Wuryanto mengatakan, Pemkot Semarang mencoba memberikan apresiasi kepada wajib pajak yang sudah membayar pajak tepat waktu sebelum jatuh tempo yang ditentukan. “Ini upaya kami menstimulasi masyarakat agar bisa membayar pajak tepat waktu,” katanya.

Baca juga:  Tingkatkan Bayar Pajak, Gelar Pekan Panutan PBB

Selain mobil, Pemkot Semarang memberikan hadiah lain berupa satu unit rumah tipe 36/72 di Perum Puri Kepoh Asri, delapan unit sepeda motor Lexi, lima unit TV LED 32′, lima unit mesin cuci, delapan unit lemari es, dan sepuluh unit TV LED 24′. Ia menjelaskan jika pengambilan hadiah bisa dilakukan mulai Senin (6/12) pukul 07.30-14.00 di kantor Bapenda.

“Proses pengambilannya KTP, KK, dan bukti pembayaran. Pajak hadiah ditanggung oleh Pemkot Semarang sebagai tali silaturahmi meringankan beban masyarakat,” terangnya.

Saat ini PBB menjadi salah satu sektor pendapatan daerah yang melebihi dari target sebesar Rp 450 miliar. Capaiannya sebesar Rp 464,52 miliar atau 103,23 persen. Tingginya capaian ini, tak lepas dari kerjasama yang dijalin dengan Kejari Kota Semarang. “Kejaksaan menyampaikan STPD kepada 36.533 NOP yang memiliki tunggakan PBB di tahun sebelumnya,” tuturnya.

Baca juga:  Siapkan Produk Pro Master

Hasilnya, hingga kini pembayaran yang berasal dari piutang PBB mencapai Rp 72,51 miliar atau 15,65 persen dari total realisasi. Agus mengapresiasi Kejari Kota Semarang yang telah berkontribusi dalam penarikan piutang PBB. Harapannya menambah optimalisasi pendapatan sektor PBB. (den/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya