alexametrics

Mangkrak, TPI Mangkang Bakal Dihidupkan Kembali

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang  – Tempat pelelangan ikan (TPI) Mangkang Kulon, kondisinya mangkrak. Dinas Perikanan Kota Semarang berencana menghidupkan kembali. Namun saat ini masih menunggu kerja sama dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah. Mengingat TPI tersebut kewenangan provinsi.

Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang, Nur Kholis mengatakan, TPI Mangkang Kulon rencananya akan mulai dioptimalkan kembali pada 2022 mendatang. Tahun ini, pihaknya membangun TPI sementara di wilayah Tambak Lorok.

“Gedung TPI di Mangkang ini milik Pemprov Jateng, kalau kondisinya memang sudah tidak layak pakai,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Nur Kholis, pihaknya mengaku akan melakukan pertemuan dengan provinsi untuk penjajakan kerja sama. Menurutnya sudah ada sinyal dari provinsi terkait pengoptimalalan TPI Mangkang.

Baca juga:  Ingin Makan Gratis, Todong Penjual dengan Pistol Mainan

“Kita jajaki dulu, apakah hibah atau kita hanya mengelola.  Kerja sama bisa dalam bentuk Build Operate Transfer (BOT) atau Build Own Operate,” tuturnya.

Pihaknya berharap akhir tahun ini sudah ada kesepakatan. Sehingga 2022 mendatang bisa mengambil langkah konkret. Apalagi saat ini akses jalan ke TPI sedang dilakukan pembetonan oleh Pemkot Semarang.

“TPI ini harus disediakan oleh pemerintah kota/kabupaten. Fungsinya memfasilitasi para nelayan sekitar. Sehingga keberadaannya akan berimbas terhadap ekonomi wilayah sekitar,” imbuhnya.

Kabid Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Kota Semarang, Ita Masitoh menambahkan, pengoptimalan TPI akan ditunjang dengan sarpras pendukung yang memadai. Seperti air bersih, higienisitas, timbangan juru lelang, serta sanitasi lingkungan. “Yang mendarat kriteria kapal nelayan kurang dari 5 GT. Baik itu nelayan dari Semarang maupun sekitarnya yang akan menjual hasil tangkapan mereka,” katanya.

Baca juga:  Direnovasi, Halaman Depan Masjid Baiturrahman Dibuat Lebih Terbuka

Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang, Gumilang Febriansyah mendorong pemanfaatan TPI  Mangkang yang kini mangkrak. Pasalnya, TPI tersebut dinilai representatif bagi nelayan jika dioptimalkan. “Aksesnya ini kan sudah dibeton, jadi harus dicari skema pemanfaatannya,” tandasnya. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya