alexametrics

Undip Luncurkan Bus Anticovid Pertama di Indonesia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang -Universitas Diponegoro (Undip) meluncurkan bus Anticovid Pencegah Penyebaran Covid pertama di Indonesia. Bus yang dinamai Bio Smart and Safe Bus ini merupakan hasil penelitian bersama antara Undip dengan Karoseri Laksana dan PO Sumber Alam. Kerjasama ini merupakan implementasi dari program matching fund kedaireka.

Matching Fund merupakan bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Dikti (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak industri. Program ini diketuai Dr dr Awal Prasetyo M.Kes Sp.THT-KL dari Fakultas Kedokteran Undip.

“Inovasi ini harus terus berkembang, seperti pesan Ki Hajar Dewantara. Kita harus nontoni, niteni, dan nambahi. Artinya buat inovasi ini menjadi murah, simple dan smart,” kata Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama seusai launching di halaman gedung Rektorat kampus Undip Tembalang Selasa (9/11/2021).

Baca juga:  ICOLEG 2021 Bahas Perspektif Hukum dan Moral Digitalisasi

Ketua Tim Dr Awal Prasetyo menambahkan, pengembangan riset bus anticovid ini sudah dijalankan pada awal pandemi tahun 2020 yang didanai program matching fund kedaireka. Ada tiga komponen penting seperti penerapan physical distancing dengan kursi berjarak, aplikasi nanosilver supaya bebas mikroba dan bakteri, serta penyediaan masker herbal.

Bus didesain dengan konsep ‘segitiga sehat’. Ada lingkungan (environment), ada agen penyebab sakit (pathogen) dan inang (host). Pada aspek lingkungan, tata letak kursi penumpang menganut prinsip physical distancing. Serta sirkulasi udara kabin dirancang khusus agar udara menjadi lebih bersih dan sehat.

Sistem sirkulasi udara Bio Smart Bus ini muncul setelah AC dinyalakan dan mendinginkan kabin, udara akan dihisap oleh inlet AC yang terdapat pada bagian bawah bus, sehingga udara di kabin bus akan selalu fresh. Udara yang dihisap kemudian disalurkan melalui HEPA filter, UV- C lamp yang berfungsi menyaring partikel-partikel yang sangat kecil seperti virus dan mengurainya. (bam/ida)

Baca juga:  Minta Segera Sahkan Peraturan Barang Impor

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya