alexametrics

Makam Pejuang TPU Bergota Ditandai Bambu Runcing

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Markas Cabang Legiun Veteran RI (Macab LVRI) Kota Semarang memberikan penghargaan kepada tujuh Legiun Veteran RI Pejuang Kemerdekaan RI (PKRI).

Itu berupa pemasangan bambu runcing berbendera merah putih di atas pusara Makam Keluarga Besar Brigade XVII Ex TNI/Tentara Pelajar (TP) Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bergota, Semarang.

Penghargaan tersebut adalah hak setiap veteran yang dimakamkan di luar Taman Makam Pahlawan. Hal itu telah diatur oleh Presiden dan Menteri Pertahanan RI.

Sebelum penancapan bambu runcing, para veteran melakukan upacara penghormatan dengan khidmat. Keluarga almarhun veteran juga hadir. Mereka tampak haru dan bangga dengan sesepuhnya yang telah berjuang melawan penjajah hingga Indonesia merdeka.

Baca juga:  Semangat Guyub Rukun Tangkis Covid-19

“Ini dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November,” kata Kol Inf Bambang Priyoko SIP, ketua Macab LVRI Kota Semarang kepada Jawa Pos Radar Semarang Selasa (9/11/2021).

Penancapan bambu runcing di makam veteran Pejuang Kemerdekaan RI ini dari Brigade XVII, yakni Detasemen II yang saat berjuang bermarkas di Surakarta dan Mas TRIP dari Jawa Timur yang dimakamkan di Makam Bergota Semarang.

Dia katakan, sudah sepantasnya generasi muda yang hidup di era pasca kemerdekaan ini menghormati dan meneladani perjuangan para pendahulu. Khusunya pejuang kemerdekaan. Penghargaan yang diberikan, sebagai wujud kepedulian dan apresiasi tinggi terhadap almarhum beserta keluarga.

Baca juga:  Bisa Menempuh 300 Kilometer, Isi Ulang Baterai Bus Listrik Butuh 2,5 Jam

“Semoga keluarga almarhum veteran, bisa meneruskan perjuangan dengan menanamkan nilai-nilai kejuangan kepada lingkungannya. Karena itu bisa menjadi bekal pengabdian kepada bangsa dan negara,” lanjutnya.

Adapun makam yang dipancangi bambu runcing di antaranya, makam Alm Aji Oetomo (Det 1 Mas TRIP), Alm Abdulrachman Affandi (Det 1 Mas TRIP), Alm RA Soepardi Hadiatmadja (Det 2), Alm Soekiran Pratikto (Det 2), dan Alm Oentoeng Yoeseno (Det Mas TRIP). Selain itu, ada juga satu makam yang mengalami penggantian bambu runcing karena rusak. Yakni makam Alm Moch Kurdi (Det 2).

Usai upacara di makam keluarga besar Brigade XVII Tentara Pelajar, kamacab LVRI Kota Semarang juga menggelar upacara pemancangan bambu runcing di makam pejuang perempuan. Yaitu Alm Sariyah yang dimakamkan di belakang instalasi pemulasaraan jenasah RS dr Karyadi Semarang, Komplek TPU Bergota. (dev/ida)

Baca juga:  Kakek 76 Tahun Cabuli Anak di Bawah Umur, Dituntut 8 Tahun Penjara

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya