alexametrics

6.100 Bibit Pohon Sukun Disebar di 16 Kecamatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kota Semarang terus berusaha memperbanyak tanaman pangan pokok nonberas. Sukun menjadi ikon baru pangan alternatif bagi masyarakat Semarang.
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta warga Kota Semarang untuk menanam pohon Sukun. “Hari ini kita tanam secara serentak 6.100 bibit Sukun di seluruh wilayah Kota Semarang,” jelas wali kota yang akrab disapa Hendi ini saat acara penanaman sukun di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang Jumat (29/10/2021) pagi.
Dijelaskan lebih lanjut, Sukun mempunyai banyak manfaat. Sukun diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga cocok sebagai pangan alternatif pengganti beras. “Jika banyak yang mengonsumsi Sukun, tentu konsumsi beras juga akan turun. Jadi kita bisa mengurangi impor beras,” katanya.
Pohon Sukun juga diketahui memiliki perakaran yang kuat. Kondisi ini cocok untuk penghijauan di lahan-lahan yang rawan longsor. Akar pohon Sukun akan memperkuat lapisan tanah sehingga tidak mudah bergerak atau tergerus air. “Pohon Sukun juga bisa untuk penghijauan sehingga mengurangi suhu panas di Kota Semarang.”
Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Hernowo Budi Luhur menambahkan, pada tahap pertama ditanam 6.100 pohon Sukun. Penanaman tersebar di 16 kecamatan. Berada di lahan milik Pemkot Semarang maupun warga secara pribadi. Ke depan jumlah pohon yang ditanam akan terus ditambah. “Dengan pananaman Sukun ini, kami berharap Kota Semarang punya brand baru, Lumbung Gemandul. Sukun bisa jadi alternatif pangan, sehingga ketergantungan terhadap beras dan terigu bisa dikurangi,” ujar Hernowo. (ton)
Baca juga:  10.000 CCTV Pelototi Kota Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya