alexametrics

Menjajal Sports Track Tinjomoyo Semarang, Baru Jalan 500 Meter, Nafas Sudah Ngos-ngosan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Pembangunan sarana prasarana Sports Track Tinjomoyo sudah rampung sejak 2020. Namun baru bisa dimanfaatkan setelah pemberlakuan PPKM level 2. Saat ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang gencar mempromosikan destinasi wisata alam ini kepada masyarakat.

Nuansa alam, udara segar, dan pepohonan yang rindang di kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo bisa menjadi pilihan aktivitas yang nyaman dan aman bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang mulai mereda. Masyarakat bisa melakukan berbagai aktivitas dan merasakan sensasi berolahraga seperti jogging dan bersepeda.

Di destinasi wisata alam seluas 57,5 hektare ini tersedia lintasan jogging track sepanjang 2.108,95 meter dengan pilihan jalur panjang dan pendek. Rata dan menanjak.

Koran ini sempat menjajal untuk mengelilingi track tersebut. Namun baru sekitar 500 meter saja, nafas sudah mulai ngos-ngosan, karena track yang menanjak. Namun bagi pesepeda, spot ini merupakan track yang lengkap dan menantang. Sangat cocok buat yang suka gowes ekstrem, tapi bosan dengan jalur monoton.

Baca juga:  Ratusan Anak TK Tak Takut Disuntik Vaksin

Sports Track Tinjomoyo memiliki 40 shelter atau check point sepanjang jalur olahraga yang dibangun di tengah suasana alam hutan kota. Dibutuhkan kurang lebih dua jam untuk mengelilingi semua  Sports Track Tinjomoyo dengan berjalan kaki.

Untuk menambah kenyamanan wisatawan, disediakan fasilitas lengkap seperti toilet, tempat istirahat, papan petunjuk rute jalur olahraga agar wisatawan tak tersesat, dan yang tak kalah penting juga disediakan spot foto- foto yang menarik serta instagramble. Di kawasan ini juga terdapat jembatan gantung dari kayu yang keren jika dijadikan spot foto. Sports Track Tinjomoyo ini dibuka untuk masyarakat umum dan komunitas setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 dengan tiket masuk Rp 4.500 per orang.

Baca juga:  Wujudkan Kampung Pintar melalui Perpustakaan Digital

Kepala UPTD Hutan Tinjomoyo melalui Kasubag TU Mahmud mengungkapkan, pengembangan dan perawatan Sports Track Tinjomoyo akan terus dilakukan.

“Perawatan wahana tracking dilakukan secara maksimal, mengingat  kontur tanah di sini yang perbukitan juga perlu diwaspadai,” kata Mahmud kepada Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (22/10).

Menurutnya, berbagai macam inovasi akan terus dilakukan. Wahana baru yang cocok akan terus ditampung, dan semua lini berusaha terus menggali potensi tanpa merusak lingkungan. Saat ini, di kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo  juga disiapkan gentangan burung bagi komunitas pecinta burung yang akan melakukan kegiatan di sini.

“Juga ada fasilitas olahraga panahan dan camping. Para wisatawan juga bisa melakukan kegiatan yang bersifat outbound, combat game, dan family outing,” ujarnya.

Baca juga:  Binaraga Jateng Bidik Satu Emas PON Papua

Dikatakan, Sports Track Tinjomoyo selama ini juga sudah banyak digunakan oleh sejumlah komunitas. Di antaranya, komunitas pecinta burung berkicau, airsoft gun, dan panahan tradisional.

“Saya berharap karena vaksin sudah digencarkan  dan PPKM sudah masuk level 1, masyarakat tidak takut untuk berkunjung ke sini, karena di lokasi juga sudah disediakan kelengkapan prokes,” tuturnya.

Selain itu, ia berharap dengan adanya sports tracking akan menjadikan destinasi Hutan Wisata Tinjomoyo lebih semarak lagi. Sehingga dapat menggeliatkan perekonomian daerah. “Tentu saja tetap menjaga lingkungan dan ekosistem,” katanya. (bam/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya