alexametrics

Tiga Jam Sebelum Keberangkatan, Calon Penumpang KA Sudah Harus Rapid Test

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengubah jam pelayanan rapid test antigen di Stasiun Poncol Semarang. Perubahan jam layanan itu berlaku sejak Senin (18/10/2021).

Semula, pihak Stasiun Poncol melayani tes rapid antigen pada 08.00-21.00 WIB. Kini mulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB.

“Ini hanya Stasiun Poncol saja. Empat stasiun lainnya tidak ada perubahan jam layanan,” kata Humas KAI Daop 4 Semarang Krisbiyanto.

Empat stasiun yang tidak mengalami perubahan jam layanan tes rapid antigen yakni Stasiun Tawang Semarang, Tegal, Pekalongan, dan Cepu.

PT KAI tidak mengharuskan calon penumpang melakukan rapid antigen di stasiun. “Masa berlaku tes rapid antigen itu 1×24 jam. Sedangkan RT PCR 2×24 jam sejak pengambilan sampel,” terangnya.

Baca juga:  Pemkot Sediakan Sepeda Listrik di Kota Lama

Berdasarkan pantauan koran ini, banyak calon penumpang yang menggunakan jasa pelayanan rapid test antigen. Berdasar data per 17 Oktober 2021, KAI Daop 4 Semarang telah melayani calon penumpang rapid test antigen 10.464 orang di Stasiun Tawang dan 5.491 calon penumpang di Stasiun Poncol.

“Total keseluruhan calon penumpang yang tes rapid di stasiun sekitar 22.077. Itu juga meliputi stasiun Tegal, Pekalongan, dan Cepu,” ujarnya.

Melihat animo calon penumpang yang melakukan rapid test antigen di stasiun, pihak KAI Daop 4 mengimbau kepada seluruh calon penumpang agar datang ke stasiun tidak terlalu mepet dengan jam keberangkatan. Minimal 3 jam sebelum waktu berangkat sudah rapid test.

“Itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan pelayanan rapid test. Karena setiap layanannya butuh sekitar 10 sampai dengan 15 menit,” tandasnya. (cr8/zal)

Baca juga:  Pipa PDAM Berusia 34 Tahun Pecah, 10 Wilayah Terdampak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya