alexametrics

Puluhan Hewan dan Tanaman Ikuti Pemberkatan secara Drive Thru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Puluhan hewan peliharaan mengikuti pemberkatan di halaman SD Kanisius Kurmosari. Itu dilakukan untuk mengingat sosok Santo Fransiskus yang sangat dekat dengan tanaman dan hewan.

Sejak pukul 11.00, halaman SD Kanisius Kurmosari, Kota Semarang telah ramai. Terlihat, banyak hewan imut-imut dan tanaman kesayangan masyarakat Katholik yang dibawa untuk pemberkatan. Mereka silih berganti keluar masuk halaman SD menggunakan mobil dan sepeda motor.

Hewan peliharaan dan tanaman itu mengikuti pemberkatan oleh Romo Eduardus Didik Cahyono dari Gereja Santa Theresia Bongsari. Acara yang digelar secara drive thru itu, untuk memperingati perayaan ulang tahun Paroki Santa Theresia ke-53.

“Biasanya dilakukan di gereja. Tapi karena di sana sedang ada acara, kami alihkan ke sini. Dilakukan drive thru karena menghindari kerumunan,” papar Romo Eduardus Didik Cahyono kepada Jawa Pos Radar Semarang Minggu (10/10/2021).

Baca juga:  TMMD Empat Wilayah Dibuka Serentak

Kegiatan ini, untuk membumikan semangat Santo Fransiskus dari Asisi Italia. Ia adalah sosok yang memiliki kedekatan dengan hewan dan tumbuhan. Bahkan, ia memanggil flora dan fauna dengan istilah saudara dan saudari. “Ini sebagai pengingat agar kita terus menjaga dan melestarikan keutuhan ciptaan Tuhan,” ungkapnya.

Dijelaskan, kegiatan ini tak hanya diikuti kucing dan anjing saja. Ada juga kura-kura, kelinci, burung nuri, dan tanaman telang yang mengikuti pemberkatan. “Sekitar 100 peserta yang ikut. Mereka daftar dulu melalui online,” terangnya.

Sementara itu, Stevanus, 45, asal Lamper Kidul, Semarang Selatan, yang membawa burung nuri mengaku senang. Ia merasa, jika flora dan fauna memang harus diberkati agar panjang umur dan sehat.

Baca juga:  Jateng Bukukan Peningkatan Investasi 76 Persen

“Saya ke sini membawa 2 hewan. Anjing dan burung nuri. Kalau yang anjing sudah 2 kali ini ikut pemberkatan. Kalau yang burung nuri in umur 4 tahun, dan baru pertama kali ikut pemberkatan,” jelasnya sambil bermain dengan burung nurinya.

Melalui kegiatan ini, Romo Eduardus berharap agar manusia memiliki rasa cinta kepada hewan dan tumbuhan yang menjadi makhluk ciptaan Tuhan. “Dengan itu, kita akan saling merawat. Karena ada timbal balik sendiri antara makhluk. Semoga juga pandemi segera berakhir, karena kita punya sikap cinta kepada makhluk Tuhan,” harapnya. (cr8/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya