alexametrics

Catat! Ini Daftar Sekolah Swasta Gratis di Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangPemerintah Kota (Pemkot) Semarang menambah jumlah sekolah gratis. Tahun ini total ada 83 sekolah swasta yang tidak menarik biaya pendidikan. Mulai dari jenjang TK, SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang Gunawan Saptogiri menjelaskan tahun ini ada penambahan 43 sekolah swasta gratis. Pada tahun lalu jumlah sekolah swasta gratis di Semarang hanya 40 sekolah.

“Prinsipnya, warga Semarang yang usia sekolah jangan sampai tidak sekolah karena tak mampu bayar. Di Semarang jumlah sekolah negeri masih terbatas, kita gandeng swasta untuk sekolah gratis ini,” katanya Jumat (1/10/2021).

Jumlah anggaran yang digelontorkan untuk program sekolah gratis ini sekitar Rp 15,4 milar yang dialokasikan di 83 sekolah swasta. Anggaran dari Pemkot ini langsung masuk ke rekening masing-masing sekolah dengan perhitungan jumlah siswa dikali besaran biaya masing-masing siswa.

Baca juga:  BPR Bank Pasar Targetkan Penyaluran Kredit Rp 70 M

“Masing-masing tingkatan beda, misalnya dihitung per siswa per tahun. Kalau TK Rp 1,2 juta per siswa per tahun, SD Rp 1,5 juta, sedangkan SMP Rp 1,8 juta. Dikalikan junlah siswa. Itu langsung ditransfer ke pihak sekolah,” rincinya.

Disinggung terkait penambahan jumlah sekolah, Gunawan mengaku belum akan menambah lagi sekolah gratis di Semarang, dikarenakan anggaran masih banyak difokuskan untuk penanganan Covid-19. “Sementara 83 sekolah ini dulu, belum ada penambahan sekolah lagi karena masih pandemi Covid-19 karena anggaran juga terbatas,” paparnya. (den/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya