alexametrics

Seniman Ini Sudah Buat Lukisan Semarang Hilang Sejak 2006

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sejumlah kota di Pantura termasuk Semarang diprediksi ilmuwan akan tenggelam. Itu karena genangan rob air laut yang semakin meluas. Ternyata sang pelukis Andreas Subardjo sudah memprediksinya sejak 2006. Melalui 30 lukisannya, menceritakan tragedi tenggelamnya Kota Semarang.

Andreas Subardjo- akrab disapa Andreas Blontang-mengaku mendapat inspirasi lukisan itu dari makhluk gaib. Ia juga melihat banyak kerusakan lingkungan di wilayah Semarang. Itu memungkinkan tenggelamnya sebuah kota. “Sebelum ahli Geodesi ngomong, saya sudah melukisnya sejak 2006,” katanya saat ditemui di Sanggar Blontang Taman Budaya Raden Saleh Semarang.

Kepada Jawa Pos Radar Semarang, Andreas-pelukis kondang dari Semarang-menceritakan kerusakan lingkungan atau pengerukan air tanah yang dilakukan saat ini memengaruhi kontruksi tanah di masa mendatang. Bahkan, jika air tanah di pinggir laut Marina itu terus diambil, bukan tidak mungkin jika tanah di sekitarnya bakal anjlok.

Baca juga:  Semangat dan Keberanian R Soegiarin, Jurnalis yang Viralkan Kemerdekaan Indonesia Patut Menjadi Contoh

“Yang diambil itu kan air dari Gunung Ungaran. Bisa jadi nanti anjloknya 20 sampai 30 meter. Karena dikeruk terus,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang Selasa (7/9/2021).

Melalui lukisannya ia juga menjelaskan, Kota Semarang akan hilang dari peta. Saat tanah di Kota Semarang anjlok, bangunan-bangunan pun ikut runtuh. Hanya akan tersisa wilayah Gunungpati saja. “Ini berdasarkan yang saya lukis saja. Wilayah Semarang yang gak tenggelam ya cuma Gunungpati,” jelasnya.

Bukan menjadi hal yang mungkin jika Kota Semarang akan tenggelam. Itu lantaran penurunan tanah, rob, dan banjir, yang masih menjadi persoalan utama di pesisir Jateng saat ini. Bahkan penurunan tanah bisa mencapai 10 sentimeter per tahunnya. “Sekarang ahli Geodesi itu baru mikir penanganannya. Tapi 30 lukisan saya itu sudah menjawab akibat eksploitasi air tanah,” tandasnya. (cr8/ida)

Baca juga:  Kendaraan Pemburu Provokator Unjukrasa Rusak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya