alexametrics

Penumpang Bus Masih Sepi, Sehari Hanya Dapat Lima Pemumpang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Deretan agen bus yang terletak di Jalan Raya Kalibanteng terpantau sepi. Tidak terlihat penumpang yang turun naik. Hanya terlihat ada beberapa orang yang sedang menunggu bus, meski kasus Covid-19 menurun.

“Sehari hanya mendapatkan 2-5 penumpang. Sebelum pandemi, bisa memberangkatkan 10 bus, sejak pandemi turun 50 persen,” kata Febi Bagus Wicaksono, salah satu karyawan agen bus.

Bahkan, penurunan level atau status Covid-19, percepatan vaksinasi, dan dibukanya tempat wisata belum mempengaruhi peningkatan omzet. “Pokoknya anjlok sejak pandemi,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang Minggu (5/9/2021).

Padahal persyaratan naik bus relatif mudah dibanding transportasi umum lainnya. Tidak diharuskan menyertakan bebas Covid-19 dan bukti vaksin. Penumpang hanya diwajibkan mengenakan masker dan menggunakan hand sanitizer sebelum masuk. “Gampang sekarang. Nggak harus bawa kartu vaksin,” tuturnya.

Baca juga:  Pengusaha Semarang Kurang Minati Fintech

Kebanyakan penumpang yang ia layani bertujuan Jabodetabek dan Surabaya. Salah satunya Mulyani. Ia baru saja mendapatkan panggilan pekerjaan menjadi asisten rumah tangga (ART) di Bekasi. Pilihannya menggunakan bus, karena tidak banyak persyaratan dan harganya terjangkau. “Kalau naik kereta harus vaksin, padahal saya takut vaksin. Kalau naik pesawat mahal,” katanya sembari tersenyum. (cr9/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya