alexametrics

Trafo Meledak, Tiga Toko Terbakar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Bangunan ruko kosong bekas toko plastik di Jalan Pekojan, Purwodinatan, Semarang Tengah, hangus terbakar, Minggu (29/8/2021) pukul 10.30. Api juga merambat ke toko lain dan rumah usaha laundry. Diduga akibat korsleting listrik. Hal itu diperkuat dengan bunyi ledakan yang bersumber dari trafo.

Ruko yang terbakar tersebut adalah Toko Tan. Merembet ke Toko Besi Chandra, milik Chandra Tirtono, 52, warga Kampung Purwodinatan dan Rumah Usaha Laundry milik Agung Pamungkas, 39, warga Purwodinatan, Semarang Tengah.

Kepulan asap yang membumbung tinggi terlihat dari kejauhan dari wilayah lain di Kota Semarang. Petugas pemadam kebakaran (Damkar) dibantu warga sekitar berjibaku melakukan upaya pemadaman. Proses pemadaman cukup rumit karena akses jalan cukup sempit. Petugas harus menggunakan kendaraan roda tiga untuk memadamkan api yang merambat ke permukiman warga.

Baca juga:  Ekplore Kreativitas Ciptakan Pattern Hijab

Warga Purwodinatan, Yuni mengungkapkan, telah mendengar suara ledakan yang diduga dari trafo di sekitar permukiman sekitar pukul 09.30. Bahkan, akibat ledakan itu, mengeluarkan asap dan api. Kemudian api merambet dengan cepat menghanguskan isi dalam toko yang berdekatan dengan trafo listrik tersebut.

“Ada suara ledakan dulu, keras suaranya. Terus membakar. Itu kan toko kosong. Sudah pindah ke Jalan Patimura. Tapi masih ada barang-barangnya berupa plastik,” ujarnya.

Menurutnya, api merambat dengan cepat ke dua tempat usaha yang ada di belakang toko tersebut. Petugas damkar juga kesulitan memadamkan api karena pintunya terkunci. Akhirnya petugas pemadam kebakaran menjebol pintu tersebut.

“Pemilik toko datangnya lama. Petugas damkar akhirnya menjebol pintu Toko Tan. Beruntung api tidak merambat ke tabung gas yang ada di laundry tersebut,” bebernya.

Baca juga:  Nuansa Heritage Masih Melekat di Sudut-Sudut Ruang SMPN 40 Semarang

Sementara itu, pemilik toko besi, Tjandra Purnomo tidak ada di lokasi saat kebakaran melanda. “Saya baru perjalanan dari luar kota dapat telepon suruh cepat pulang, karena Toko Tan terbakar. Sebagian barang-barang dagangan saya tidak terselamatkan. Kerugian masih diitung,” katanya.

Salah satu security di Ruko Jurnatan, Purwodinatan, Semarang Tengah, yang berjarak beberapa meter dari lokasi kejadian sempat mendengar adanya suara ledakan dan dibarengi munculnya asap membumbung tinggi. Merasa penasaran, pria bernama Soegeng Sutrisno ini langsung berlari ke perkampungan warga yang ada di belakang ruko. “Ternyata sudah banyak orang berusaha memadamkan api. Suara ledakannya lumayan kenceng,” tuturnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja kerugian materiil yang belum bisa ditaksir. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.15. Setelah petugas menurunkan 10 mobil damkar untuk penyemprotan ke titik api.

Baca juga:  Bisnis Taksi Hidup Segan Mati Tak Mau, Sebagian Pilih Jual Armada, Kembangkan Bisnis Kargo

Kapolsek Semarang Tengah, Kompol Gali Atmajaya mengatakan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Dugaan sementara, munculnya api akibat korsleting listrik. “Apakah dari trafo yang meledak atau faktor lainnya masih dalam penyelidikan. Berdasarkan keterangan saksi, ada suara ledakan. Dugaan sementara korsleting listrik,” katanya. Toko Tan sendiri, ungkapnya, dalam keadaan kosong dan masih dalam pengawasan Pengadilan Negeri Semarang. (mha/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya