alexametrics

Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Angin Kurang Optimal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA) di Jalan Irigasi Utara Panggung, Mangunharjo, Tugu, dinilai kurang optimal. PLTA yang diresmikan pada 2019 bekerja sama dengan Polines ini belum dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Pantauan koran ini, Selasa (24/8/2021), terdapat 11 kincir angin yang terpasang di lahan penuh ilalang di Mangunharjo. Dari 11 kincir angin, tiga kincir angin di antaranya tidak berputar. Selain itu, terdapat empat lampu penerangan di area laboratorium PLTA. Juga terdapat tempat penyimpanan cadangan baterai yang terkunci, serta kabel yang menghubungkan ke PAUD, SD Negeri Mangunharjo, dan rumah dinas Lurah Mangunharjo.

Plt Sekretaris Kelurahan Mangunharjo Muhammad Khoirul Amir menjelaskan, sampai saat ini belum ada warga yang memanfaatkan energi listrik yang dihasilkan dari PLTA tersebut.

Baca juga:  Wali Kota dan Teman Karib di Semarang Doakan Kesembuhan Tukul Arwana

Ia mengatakan, pihak kelurahan hanya menyediakan lahan. Sedangkan PLTA itu masih dikelola Polines.   “Karena masih uji coba, dan namanya juga laboratorium, jadi belum bisa maksimal. Pengelolaannya masih di Polines,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Diakui, ini merupakan PLTA pertama di Semarang. Di lokasi yang tidak jauh dari pantai ini anginnya relatif kencang. Sehingga setiap saat, kincir angin yang dipasang selalu berputar.

“Pemantauannya dari pihak Polines, di lokasi juga dipasang CCTV yang terhubung dengan pihak pelaksana,” katanya sambil menunjuk kamera CCTV.

Supaino, warga setempat mengungkapkan, salah kincir angin PLTA ini beberapa waktu lalu sempat ada yang rusak. Namun berselang beberapa hari, ada petugas yang memperbaikinya.

Baca juga:  Petugas Gabungan Kawal Ketat Distribusi Oksigen di 99 RS

Ia berharap, agar Laboratorium PLTA ini diperbolehkan untuk dimanfaatkan warga secara optimal. “Ya minimal untuk penerangan jalan dan fasilitas umum lainnya, seperti pos ronda. Syukur disalurkan kepada rumah warga,” ujarnya. (cr6/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya