alexametrics

Kelola Sampah Pakai Aplikasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kondisi darurat sampah yang semakin mengkhawatirkan, telah memantik kepedulian generasi muda. Melalui aplikasi Rakyat Peduli Lingkungan (Rapel), mengumpulkan sampah masyarakat dengan mobil pikapnya yang bertuliskan “Solusi Milenial Kalola Sampah Anorganik.”

“Melalui aplikasi ini, kami sudah bekerjasama dengan hotel, kafe, kelompok sadar wisata (pokdarwis), dan bank sampah yang ada di Semarang. Selain itu, anak-anak kos juga banyak yang menggunakan ini,” jelas David, Minggu (22/8/2021).

Menurutnya, respon baik masyarakat lahir karena kemudahan dan keuntungan yang dia tawarkan. “Selain rumah mereka bersih, kami yang menjemput sampah, dan mereka dapat bonus uang. Masyarakat sangat dimudahkan dengan aplikasi ini,” lanjutnya.

Selain bekerja, mereka juga bangga turut andil dalam menyelamatkan lingkungan. Mereka sangat prihatin masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, bahkan membuangnya ke saluran air.  “Padahal kalau kayak gitu bisa menyebabkan banjir,” jelasnya.

Baca juga:  PTM Jilid Pertama Sukses, SDN Pekunden Tambah Dua Kelas

Dhea Rezki, salah satu kontributor sampah mengaku sering beli minuman manis berbotol. Semula botolnya ia buang. “Tapi aku lihat teman sekamarku, habis minum botolnya dicuci, terus dikumpulin. Akhirnya saya ikutan,” kata perempuan asli Riau yang sedang mengerjakan project di Semarang ini.

Dhea berharap bisa memberikan kontribusi kecil untuk meyelamatkan lingkungan. Baginya, semua bisa dimulai dari diri sendiri. Mereka pun mengabadikan moment itu, lalu mengunggahnya ke media sosial dengan harapan semakin banyak yang sadar dan melakukan hal yang sama. (cr9/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya