alexametrics

Dinas Arsip dan Perpustakaan Gelar Festival Literasi Virtual

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang menggelar Festival Literasi Virtual (FLV). Program tersebut sebagai upaya membangkitkan semangat literasi di tengah pandemi. Kegiatan yang digelar mulai 24-31 Agustus tersebut mengusung tema Merdeka Membaca di Masa Pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Layanan Perpustakaan Titik Hartini menjelaskan, ada beberapa kegiatan dalam FLV, yakni pameran literasi virtual, pemilihan duta baca, lomba mendongeng, puisi, vlog, talk show dan webinar literasi digital.
“Kami tetap menghadirkan peserta, namun pameran kami lakukan secara digital. Masyarakat bisa mengakses melalui flv2021 semarangkota,” ujar Titik Jumat (20/8/2021).

Pameran virtual ini sendiri dilakukan untuk menyiasati pembatasan kegiatan selama pandemi Covid-19. Konten pameran yang disediakan di portal online, namun tetap ada booth,promosi, kegiatan pendukung dan ruang seminar secara virtual.
“Bahan yang dikirimkan harus bisa mengedukasi masyarakat ataupun pegawai OPD untuk meningkatkan literasi. Bisa berupa poster, animasi foto dan video,” tambahnya.

Baca juga:  Jaringan Kiai Sebut Hendi Pemimpin yang Tepat

Hasil karya yang dikirimkan diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat. Memberi informasi yang bermanfaat. Meningkatkan pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca, penilai kritis dalam suatu bahan bacaan.
“Selain itu meningkatkan waktu senggang agar lebih bermanfaat,” bebernya.
Titik menambahkan, ada berbagai lomba yang bisa diikuti masyarakat umum, misalnya lomba vlog, lomba video, puisi serta pemilihan duta baca. “Lomba ini gratis, pemenang juga akan mendapat uang pembinaan, piala dan piagam dari wali kota Semarang,” tandasnya. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya