alexametrics

Penjual Bendera Mulai Menjamur di Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Meski belum memasuki bulan Agustus, penjual bendera musiman sudah menjamur di Kota Semarang. Pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat para penjual bendera ini untuk mencari berkah perayaan HUT ke-76 RI. Para penjual bendera musiman ini kebanyakan berasal dari luar Kota Semarang.

“Saya dari Garut. Ini tahun ke-14, saya berjualan bendera di Kota Semarang,” kata Wawan, 50, penjual bendera musiman di Jalan Pamularsih Raya, Kota Semarang, Rabu (28/7/2021).

Diakui, dibanding tahun lalu, penjualan bendera tahun ini lebih lesu dibanding tahun lalu. Bahkan, dalam dua hari ini, belum laku sama sekali. “Penjualan sekarang memang turun drastis. Cuma dapat keuntungan hingga 20 persen saja. Padahal tahun lalu masih lumayan, bisa dapat keuntungan 50 persen,” keluhnya.  “Tapi ya saya terus berusaha dan semangat sampai tanggal 17 Agustus nanti,” tambahnya.

Baca juga:  Pegawai Pemkot Semarang Kompak Tinggalkan Kendaraan Pribadi

Ia menuturkan, jika merantau ke Kota Semarang hanya untuk berjualan bendera saja. “Di Garut saya jadi petani cabai dan jagung. Ada sawah di sana. Kalau jualan bendera hanya jelang kemerdekaan. Setelah itu, saya balik lagi ke Garut,” ceritanya.

Hal senada diungkapkan Nanda, 24, penjual bendera musiman di Jalan Veteran, Kota Semarang. Ia mengaku, baru kali pertama berjualan bendera. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan berkah menjelang pitulasan. “Sebelumnya saya jualan aksesori. Tahun ini nyoba aja jualan bendera. Kalau gak dapat untung, kan bisa berkahnya,” kata Nanda.

Nanda mengatakan, untuk harga bendera beragam tergantung ukurannya. Mulai Rp 8 ribu hingga Rp 60 ribuan per lembar. Sedangkan untuk harga umbul-umbul kisaran Rp 60 ribu sampai Rp 200 ribu. “Kalau harganya memang sudah begitu. Tapi gak sedikit juga ada pembeli yang nawar. Saya sih gak apa-apa, asal harganya cocok,” tandasnya. (cr8/aro)

Baca juga:  Paslon Perseorangan Ramaikan Pilwalkot

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya