alexametrics

27 Exit Tol di Jateng akan Ditutup, Mulai 16-22 Juli 2021

Artikel Lain

This Content Is Only For Subscribers

Please subscribe to unlock this content. Enter your email to get access.
Your email address is 100% safe from spam!

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Aparat Polda Jateng terus mempersempit mobilitas masyarakat selama penerapan PPKM Darurat. Selain melakukan penyekatan jalan protokol dan wilayah perbatasan, aparat kepolisian juga akan melakukan penutupan 27 exit tol di wilayah Jateng selama 24 jam mulai 16-22 Juli 2021.

“Tidak hanya di exit tol yang kita lakukan perketatan, tapi juga di 244 penyekatan check point. Kita perketat kembali dalam rangka mengurangi mobilitas masyarakat di wilayah kita,” ungkap Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Selasa (13/7).

Baca juga:  Jelang Nataru, Hotel Berbintang Full Booking

Kapolda membeberkan, kegiatan PKM Darurat esensinya adalah pembatasan kegiatan dan mobilitas masyarakat. Yakni, pembatasan orang dan barang yang ke dan menuju wilayah tertentu.

“Karena itu, Polda Jateng telah melakukan rapat koordinasi dengan lintas sektoral, nanti terhitung mulai tanggal 16 sampai 22 Juli 2021 di seluruh pintu tol wilayah Jawa Tengah akan kita tutup,” tegasnya.

Kapolda menjelaskan, alasan penutupan itu karena Jateng merupakan episentrum dan sentral gravity masyarakat yang tujuan mudik maupun bentuk lainnya.

“Penutupan itu pada saat libur hari Sabtu dan Minggu, serta terkait dengan hari libur nasional yang mungkin nanti akan ada. Terhitung mulai 16 sampai 22 Juli, akan kita lakukan penutupan 27 di pintu tol,” bebernya.

Baca juga:  Muhammadiyah Semarang Bakal Dirikan Logmu

Kapolda menegaskan, mereka yang diizinkan masuk tol hanya yang benar-benar bekerja di sektor esensial dan kritikal. Selain itu, harus membawa persyaratan administrasi seperti yang diatur dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 15 Tahun 2021. Misalnya, menunjukkan kartu vaksin dan hasil swab antigen negatif.

“Dari Jakarta dan Jatim tidak bisa masuk ke Jateng kecuali yang masuk dalam Serat Edaran Mendagri Nomor 15 Tahun 2021. Intinya, masyarakat yang akan menuju wilayah Jateng akan kita perketat dengan itu,” tegasnya.

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol Rudy Syafiruddin menambahkan, penutupan 27 exit tol di Jateng akan dimulai Jumat  (16/7) mendatang. Pihaknya telah menggencarkan sosialisasi penutupan ini mulai Selasa (13/7) kemarin.  Tidak hanya exit tol, tambah Rudy, titik lain di luar jalan tol juga akan dilakukan penutupan. Termasuk akses keluar masuk jalan arteri.

Baca juga:  17 Akun Dinonaktifkan, Driver GoCar ‘Duduki’ Kantor Gojek Semarang

“Jalan arteri, seluruhnya akan kita tutup. Termasuk jalur tikus. Semua kapolsek diarahkan untuk melakukan rangkaian kegiatan untuk menutup jalur tikus. Keluar masuk Jawa Tengah, kita tutup,” bebernya.

Menanggapi rencana pemerintah pusat memperpanjang PPKM Darurat menjadi enam minggu, Rudy mengatakan belum bisa menyampaikan dengan alasan masih dalam pembahasan.

“Untuk penambahan ini masih dibicarakan apakah diperpanjang sampai enam minggu. Informasinya sampai enam minggu. Ini belum difinalkan. Lihat keputusannya di akhir minggu ini,” katanya. (mha/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya