alexametrics

Pedagang Hewan Kurban Kesulitan Dapatkan Pakan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Momentum hari raya Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021 membuat masyarakat mulai berburu hewan kurban. Hanya saja, pandemi yang mulai melanda sejak 2020 lalu membuat penjualan hewan kurban menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau nggak ada korona gini biasanya sih kita jualan sampai 150 kambing laku, sapi sampai 40-50. Kalau pandemi kayak gini ya nggak tau ini,” kata Sarjono, salah satu pedagang hewan kurban di Jalan Kedungmundu Semarang.

Pria asli Pati itu menambahkan, sejak adanya PPKM darurat juga membuat para penjual hewan kurban memutar otak. “Karena kios harus tutup pukul 20.00,” katanya.

Sarjono menambahkan, untuk tahun ini rata-rata harga kambing sekarang berkisar Rp 2,5 juta – Rp 3 juta lebih, sedangkan harga sapi berkisar Rp 20 juta – Rp 24 juta.“Stok hewan kurban kami datangkan langsung dari Pati. Jumlah stok tahun ini pun berkurang lantaran tingkat penjualannya berkurang,” sambungnya.

Baca juga:  Data Covid Pusat Tidak Sinkron dengan Pemkot

Sementara penjual hewan kurban lainnya, Umi Kulsum mengatakan, harga hewan kurban akan semakin melambung jika sudah mendekati hari H Idul Adha.”Kalau sudah mendekati Idul Adha harganya lebih naik daripada hari biasa. Bisa selisih Rp 200 ribu – Rp 300 ribu,” tegasnya.

Ia juga mengatakan adanya kendala yang dirasakan, yaitu sulitnya mencari stok hewan kurban. Usaha yang telah dijalankan ayahnya sejak tahun 1993 biasa mengambil stok di Grobogan dan beberapa daerah di Jawa Timur.

Selain itu, ia juga kesulitan mencari pakan karena sawah dan ladang sudah mulai berubah menjadi gedung-gedung dan perumahan. Sejauh ini, penjualan hewan kurban di kiosnya dinilai lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. “Tahun kemarin laku 67 kambing dan 7 sapi. Kalau tahun ini sudah terjual 6 kambing dan 6 sapi. Tapi, angka itu akan terus bertambah sampai dengan Idul Adha nanti,” bebernya. (mg4/mg2/bas)

Baca juga:  Berharap SPBU Nelayan dan Pemecah Gelombang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya