alexametrics

Stasiun Tawang Layani Vaksinasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Stasiun PT Kereta Api Indonesia (KAI) Tawang menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 di stasiun bagi pelanggan KA Jarak Jauh secara gratis mulai Sabtu (3/7/2021). Ini untuk membantu melengkapi persyaratan calon pelanggan KA jarak jauh di masa PPKM Darurat.

Inovasi ini dalam rangka mendukung program pemerintah guna mempercepat program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. “Tawang menjadi salah satu tempat vaksinasi bagi pelanggan KA jarak jauh. Layanan ini ada di Pasar Senen, Cirebon, Jogjakarta, Solo Balapan, dan Jember,” kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro.

Animo masyarakat pengguna KA pun cenderung tinggi. Layanan vaksin ini bisa digunakan bagi penumpang dengan umur 18 tahun ke atas dengan menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku. Memiliki KTP dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Baca juga:  Stres, Samson dan Boboy Gebrak-Gebrak Kandang

“Khusus ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19,” tambahnya.

Kris mengimbau agar calon penumpang bisa merencanakan jadwal keberangkatan sekaligus vaksin sebaik mungkin untuk menghindari keterlambatan naik kereta api. “Kuota yang disediakan di masing-masing stasiun terbatas setiap harinya,” bebernya.

Meskipun sudah divaksin, lanjut Kris,  pelanggan wajib menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk memaksimalkan penjagaan dari tertularnya Covid-19.

“Mulai kemarin, pelanggan kereta api jarak jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Khusus perjalanan KA jarak jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama,” pungkasnya. (den/ida)

Baca juga:  INFID Tawarkan Konsep Kota Ramah HAM

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya