alexametrics

Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia, Aktivis Lingkungan Bagikan Goodie Bag

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Masih banyak konsumen dan pelaku usaha yang bergantung pada kantong plastik sekali pakai. Karena itu, Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI) mendukung sejumlah anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM Universitas Negeri Semarang (Unnes) bersama aktivis lingkungan membagikan goodie bag gratis kepada pengunjung Kota Lama.

“Makanya edukasi soal dampak buruk sampah plastik harus terus digalakkan,” kata pegiat WALHI Jateng, Patricia kepada Jawa Pos Radar Semarang saat memperingati Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia pada 3 Juli, kemarin.

Kegiatan dilanjutkan dengan berkeliling toko ritel dan makanan sekitar Unnes. Tak hanya menempel poster, tapi juga memberikan edukasi singkat tentang bahaya penggunaan sampah plastik. Dengan begitu, dapat mendorong kesadaran masyarakat untuk bijak menggunakan plastik.

Baca juga:  Setahun, Zakat ASN Pemprov Jateng Rp 55 M

Lebih lanjut, pihaknya juga menggelar webinar yang mengulas implementasi kebijakan yang mengatur penggunaan kantong plastik di Semarang. Pemkot Semarang telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota Semarang nomor 27 tahun 2019 tentang Pengendalian Penggunaan Plastik. Sejauh ini, aturan ini hanya berjalan di toko modern, belum sampai pasar tradisional.

“Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik harus dari hulu ke hilir. Bukan hanya ritel, manufaktur, dan jasa makanan yang dilarang. Tapi produsen juga,” kata Koordinator AZWI Abdul Ghoffar.

Menurutnya tidak bijak bagi pemerintah mengatur ritel dan masyarakat selaku konsumen untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai. Namun membiarkan produsen terus memproduksi plastik yang tidak terurai dalam jumlah besar. “Masyarakat, pemerintah, dan produsen. Tiga pilar ini penting bersinergi untuk pengurangan kantong plastik,” tutupnya dalam webinar tersebut. (taf/ida)

Baca juga:  Kampung Siaga Covid-19 Tingkatkan Kesadaran Warga Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya