alexametrics

14 Bangunan Liar Dibongkar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 14 lapak dan bangunan liar di Jalan Pelabuhan Ratu atau jalan menuju kompleks Pasar Johar relokasi di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), dirobohkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang, Kamis (17/6/2021). Bangunan tersebut dinyatakan tidak memiliki izin. Diduga disewakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Pemilik lapak dan bangunan liar hanya pasrah tanpa perlawanan. Petugas langsung merobohkan bangunan dengan menggunakan linggis serta bantuan alat berat. “Saya ikut aturan pemerintah. Karena memang tidak punya izin ketika mendirikan bangunan di sini,” kata Muhammad, salah satu pedagang yang berjualan di tempat tersebut.

Sebelum pembongkaran, kata dia, Satpol PP sudah memberikan surat pemberitahuan. Bahkan ia sudah mendapatkan pemberitahuan dua kali, baik dari pihak MAJT maupun Satpol PP. “Tidak kecewa bangunan dibongkar. Ini kan tanahnya bukan hak saya,” tambahnya.

Baca juga:  Liga 1 Terancam Digelar Tanpa Penonton, PSIS Siapkan Stadion Citarum

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, bangunan yang dirobohkan itu berdiri di atas tanah milik MAJT. Selain itu, adanya laporan dari lurah dan masyarakat. “Ada laporan dari masyarakat dan MAJT,” jelasnya.

Fajar menduga, ada oknum sengaja memanfaatkan lahan di sepanjang Jalan Pelabuhan Ratu untuk disewakan kepada pedagang. Sehingga, mereka mendirikan lapak liar. Harga sewa sebesar Rp 600 ribu per kavling. Namun, hal itu bukan ranah Satpol PP. Pihaknya hanya membongkar dan menertibkan PKL liar tersebut. “Ada warga yang ngontrak-ngontrakin tanah disini sehingga berdiri PKL. Silakan, ini kewenangan aparat penegak hukum,” ucapnya.

Dia pun mengimbau pemilik bangunan untuk tak mengulangi kesalahannya. Sebab, jika nekat mendirikan lagi, pihaknya tak segan merobohkan kembali. “Saya minta minta tidak ditempati lagi. Daerah sini mau dibuat saluran. Jadi, jangan bermain disini,” pungkasnya. (den/ida)

Baca juga:  Warga Isoman Terima Daging Kurban

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya