alexametrics

Delapan Warga Negara Asing Dipulangkan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang melakukan deportasi delapan Warga Negara Asing (WNA) ke negara asalnya masing-masing. Mereka terbukti melakukan pelanggaran keimigrasian dalam kurun waktu Januari-Mei 2021.

Dari delapan WNA, berasal dari berbagai negara. Di antaranya warga China, Amerika Serikat (US), Belanda, dan Singapura. Mereka dideportasi karena overstay atau tinggal di Indonesia melebihi batas waktu yang ditentukan. “Penindakan sanksi administratifnya berbeda-beda, tergantung pelanggaran,” kata Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Semarang, Alvian Bayu Indra Yudha saat dikonfirmasi, Senin (31/5/2021).

Kemudian, lanjutnya, dua warga Filipina dideportasi usai putusan pengadilan, dan warga Taiwan dan Malaysia diusir lantaran melanggar aturan keimigrasian. Selain itu, ada pula WNA yang diberi tindakan berupa pendetensian atau penahanan secara imigratoir.

Baca juga:  Warga Was Was Terjadi Longsor Susulan

“Satu warga negara Algeria, dia mantan napi. Penahanannya dilimpahkan ke Rudenim. Dan satu warga Sri Lanka mantan napi berstatus pengungsi dan sudah dilimpahkan ke Safe House Jakarta,” jelasnya.

Alvian menambahkan, pada masa pandemi Covid-19 ini, Kantor Imigrasi Semarang tetap melakukan kerja-kerja pengawasan terhadap orang asing. “Kami melakukan pengawasan rutin biasa. Lagi pula Semarang tidak termasuk dalam Tempat Pemeriksaan Imigrasi pada saat pandemi Covid-19,” papar Alvian. (ifa/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya