alexametrics

Pedagang Upacara di Tengah Pasar, Pengguna Jalan Sejenak Menyanyikan Indonesia Raya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Puluhan pedagang Pasar Gayamsari Kota Semarang memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pukul 10.00, Kamis (20/5/2021). Mereka berbaris di depan lapak dagangannya sambil menghormat ke bendera merah putih yang dipegang oleh pedagang lainnya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan dan bukti cinta tanah air.

Kepala Pasar Gayamsari Ahmadi mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk patriotisme cinta terhadap tanah air Indonesia. Para pedagang menghentikan sementara aktivitas jual beli, dan memberikan penghormatan kepada bendera merah putih.

“Tidak hanya pedagang, pengunjung pasar juga ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ini sesuai imbauan Pak Gubernur Ganjar Pranowo yang berharap warga Jawa Tengah menyanyikan secara serentak lagu Indonesia Raya tepat pukul 10.00,” katanya.

Baca juga:  Tindak Tegas Prostitusi Berkedok Wisma Karaoke

Salah seorang pedagang Sutiyanto merasa bangga bisa mengikuti peringatan hari Kebangkitan Nasional dengan mengikuti upacara di tengah pasar. Meski di dalam pasar, kata dia, peringatan tetap khidmat dengan mematuhi protokol kesehatan.

Pedagang Pasar Gayamsari Semarang saat menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di tengah pasar. Mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil menghormat ke bendera merah putih. (NURWAHIDI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Sementara itu, Patwal Simpang Lima Polrestabes Semarang kemarin juga mengajak masyarakat pengguna jalan di Simpang Lima untuk sejenak menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pukul 10.00. Arus lalulintas di bundaran Lapangan Pancasila Simpang Lima dihentikan petugas.  Pengemudi mobil, pengendara motor, pesepeda, dan pejalan kaki berhenti. Mereka keluar dari mobil, dan semuanya berdiri, termasuk petugas.

“Kegiatan ini untuk menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah gugur,” ungkap Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit usai mengikuti kegiatan tersebut kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (20/5/2021).

Baca juga:  Bocah Asal Brangsong Kendal Kesulitan Berobat ke RS karena Punya Tunggakan BPJS

Kegiatan tersebut berlangsung kurang lebih lima menit. Namun tak sampai menimbulkan kemacetan. Sigit menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak melupakan sejarah perjuangan para Pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan.

“Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Saya terharu dan bangga, tadi banyak warga baik pengendara maupun pejalan kaki yang mengikuti kegiatan tersebut dengan khidmat,” katanya.   (hid/mha/aro)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya