alexametrics

Pemudik Asal Banten Nekat Bawa Hasil Tes PCR Palsu agar Bisa Naik Pesawat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Seorang calon penumpang pesawat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang terpaksa diamankan Polsek Semarang Barat. Erwin Rahmat Sirojudin, 51, warga Banten ini ketahuan memalsukan hasil tes swab PCR agar bisa naik pesawat. Surat negatif PCR yang dibawa untuk bisa mudik Lebaran 2021.

Kapolsek Semarang Barat Kompol Dina Novitasari mengatakan, pelaku ditangkap berkat kecurigaan petugas bandara. Pelaku sudah mengantongi tiket untuk naik pesawat Garuda Indonesia dengan keberangkatan pukul 09.55 WIB. Petugas curiga dengan surat hasil tes PCR tertanggal Sabtu 8 Mei 2021 pukul 08.00. “Hari tes dan keberangkatan sama persis, jadi petugas bandara curiga,” katanya. Sementara untuk memeriksa hasil tes swab PCR di laboratorium butuh waktu setidaknya enam jam.

Petugas pun menghubungi laboratorium yang digunakan pelaku tes, Intibios Lab di Jalan Kokrosono Semarang Utara. Setelah dikonfirmasi ternyata diketahui surat pelaku ternyata palsu. “Setelah diminta keterangan ternyata pelaku membuat sendiri karena ingin pulang mudik,” tambahnya.

Pelaku pun langsung diamankan ke Polsek Semarang Barat. Polisi menjerat pelaku dengan Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen. Saat ini masih dikembangkan ada tidaknya keterlibatan pelaku lain. “Kami juga sudah mengambil pemeriksaan antigen kepada yang bersangkutan, agar tidak menimbulkan persoalan,” tambahnya.

General Manager Intibios Lab Semarang Benidektus Widyatmoko mengatakan surat yang dipalsu merupakan  model lama. Sebab, surat yang baru ada barcode dan tidak bisa dipalsu karena langsung terhubung dengan data di laboratorium.  “Ini model lama. Sebetulnya kena dua kali satunya Gilimanuk. Tapi tidak ketangkap karena melarikan diri. Yang baru ada scan barcode, tidak bisa dipalsu,” tambahnya. (fth/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Lainnya

Herbal Farming untuk Kemandirian Petani

PCINU Malaysia Dilantik, Fokus Lima Target Kerja

KONI Wonosobo Ikuti Keputusan Klub Wushu

Populer

Artikel Menarik Lainnya